Kecaman Menuai Pemecatan


Penulis: (Agt/R-2) - 11 July 2018, 01:15 WIB
AFP PHOTO / Oleksandr KOSMACH
AFP PHOTO / Oleksandr KOSMACH

DALAM menghubungkan sepak bola dengan sikap politik sangatlah dihindari di kancah Piala Dunia 2018 Rusia, apalagi menyinggung tuan rumah. Bakal kena sanksi tegas.

Itu pula yang menimpa seorang staf pelatih Ukraina, Ognjen Vukojevic. Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) langsung memecatnya setelah terbukti mengunggah video ke media sosial. Persoalan muncul karena Vukojevic berteriak memuji Ukraina. Hal itu dia lakukan setelah Kroasia unggul adu penalti atas Rusia dan memastikan lolos ke semifinal.

Tindakan itu dinilai menyinggung kubu tuan rumah yang sedang bersitegang dengan Ukraina. Kedua negara meributkan mengenai wilayah Semenanjung Krimea sejak 2014.

HNS mengatakan telah mencabut akreditasi tim Vukojevic di Piala Dunia dan membebaskan dari tugasnya di skuat Kroasia. "HNS dengan ini meminta maaf kepada publik Rusia atas tindakan seorang anggota delegasi Kroasia," demikian pernyataan resmi HNS.

Vukojevic memiliki hubungan dengan Ukraina. Pasalnya, dia sebelumnya berkiprah di klub Dynamo Kiev, bersama bek Kroasia, Domagoj Vida.  (Agt/R-2)

BERITA TERKAIT