Khofifah Rangkul Semua Elemen


Penulis: Putra Ananda - 10 July 2018, 08:31 WIB
MI/MOH IRFAN
MI/MOH IRFAN

PASANGAN calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, diminta untuk selalu menjaga profesionalitas dan dapat me­rangkul semua elemen dalam bekerja sebagai kepala daerah.

Itu terungkap saat Khofifah-Emil menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Gedung DPP NasDem, Jakarta, kemarin siang. Hadir pula Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate, Ketua Dewan Pertimbangan Siswono Yudo Husodo, Bendahara Umum NasDem Ahmad Ali, Ketua DPP NasDem Bidang Hubungan Luar Negeri Martin Manurung, serta Ketua DPP NasDem Bidang Pendidikan Politik dan Kebudayaan Ni­ning Indrasaleh.

“Bapak Surya sampaikan secara filosofis bagaimana me­mimpin sebuah daerah da­ri kursi strategis. Beliau berpesan kepada kami agar bisa selalu menjaga profesio­nalitas, menjaga moral, dan dapat merangkul semua elemen di Jawa Timur,” tutur Kho­fifah kepada wartawan seusai pertemuannya dengan Surya Paloh.

Khofifah melanjutkan, Sur­ya Paloh melalui NasDem men­­­jadi tokoh dan partai po­litik pertama yang mendo­rong dan mendukungnya ma­ju di pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Dia menilai banyak pelajar­an yang didapatkannya sela­ma berproses dalam kontes­tasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 melalui NasDem.

“NasDem adalah tempat sa­ya berproses dan bertransformasi. Saya sering berdiskusi dan berinteraksi dengan Surya Paloh di tempat ini, bahkan saat NasDem masih menjadi organisasi masyara­kat,” papar Khofifah yang meng­gunakan batik dan kerudung oranye.

Dalam pertemuan tersebut, Surya juga menanyakan komitmen Khofifah-Emil untuk langkah pemenangan Pre­siden Jokowi dalam Pemi­lu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Khofifah menyatakan dirinya bersama Emil menyang­gupi untuk sama-sama ber­gerak maju memenangkan Jokowi.

“Kami komitmen untuk membawa satu kekuatan yang seiring untuk memperjuangkan kemenangan Presiden Jo­kowi di Pilpres 2019 mendatang,” papar Khofifah.

Sebelum menemui Surya Pa­loh, Khofifah-Emil juga telah berkunjung ke Kantor DPP PPP di Jalan Imam Bonjol, Jakarta.

Optimalisasi kinerja
Wakil Guber­nur terpilih Jawa Timur Emil Dardak mengatakan pascapelantikan dirinya dan Kho­fifah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, keduanya akan segera membangun tim untuk meng­optimalisasi pemerintahan daerah dalam 100 hari kerja pertama.

Namun, Emil menegaskan Khofifah dan dirinya terlebih dahulu akan membangun komunikasi dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang masih aktif.

“Kita harus hormati bahwa sekarang Pakde Karwo masih menjabat. Harus ada kesinam­bungan yang harus kita jaga dalam perencanaan pemba­ngunan. Kita tahu bahwa 100 hari pertama itu adalah untuk meletakkan fondasi kepemimpinan baru,” tutur Emil.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, pasangan Khofifah-Emil yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN, dan NasDem itu unggul dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 dengan perolehan 53,55%, atau 10.465.218 suara. Mereka menyisihkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang mem­peroleh 46,45%, atau 9.076.014 suara. (Ant/X-11)

BERITA TERKAIT