Keluarga Korban Kecelakaan KMP Lestari Maju Terima Santunan


Penulis: Lina Herlina - 05 July 2018, 13:15 WIB
ANTARA/HO/Relawan BNPB
ANTARA/HO/Relawan BNPB

TANGIS keluarga korban dan hadirin pecah saat pihak PT  Jasa Raharja dan Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali memberikan santunan kepada perwakilan keluarga korban kecelakaan KMP Lestari Maju di Baruga Rujab Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/7).

"Kami tahu, berapapun nilai santunan ini tidak mampu mengobati luka dan duka yang dialami keluarga korban. Namun, pemerintah harus hadir," ujar Basli Ali.

Basli juga mengapresiasi luar biasa perhatian Presiden RI Joko Widodo kepada musibah ini dengan hadirnya Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono, dan Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono dan sejumlah pihak.

"Insya Allah besok Menteri Sosial diagendakan hadir untuk memberikan bantuan langsung kepada korban," sebutnya Bupati Kepulauan Selayar.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Jahja Joel Lami, mengatakan bahwa santunan korban meninggal dunia yang diberikan oleh Jasa Raharja sebanyak Rp50 juta per korban.

Dari total 35 korban meninggal dunia, santunan yang sudah dibayarkan kepada 18 ahli waris, 13 domisili Selayar, dan lima lainnya di luar Selayar, yakni yaitu empat di Watampone dan satu di Surabaya. Selebihnya, santunan untuk 17 lainnya akan dibayarkan hari ini atau besok, karena petugas harus memastikan dulu keabsahan ahli waris.

"Semoga santunan ini bermanfaat dan sepekan akan datang anak perusahaan Jasa Raharja untuk mendata dan meninjau ahli waris untuk santunan tambahan sebanyak Rp70 juta setiap korban," terang Jahja Joel Lami.

Berikut daftar nama korban meninggal dunia yang ahli warisnya sempat hadir dan diberikan santunan yaitu Abdul Rasyid, Syamsuddin, Rini Nuryanti,  Abizar Arfan Raqila, Rosmiati, Suryana, Andi Fitri Yuliana, Kartini.

Jahja Joel Lami yang tidak lupa menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya para korban kandasnya KM Lestari Maju di Perairan Selayar, Selasa (3/7).

"Pertama kali mendengar berita ini jujur sangat kaget, karena baru beberapa hari yang lalu bencana yang sama menimpa saudara kita di daerah Danau Toba. Tapi begitulah takdir dan musibah, kita tidak pernah tahu kapan datangnya. Tapi kita percaya, Tuhan selalu punya tujuan untuk setiap takdir yang diberikan pada manusia," urainya.

Terkait kejadian yang menimpah para korban kandasnya KMP Lestari Maju perairan selayar, kepada seluruh korban akan diberikan santunan, selain bagi korban jiwa.

Tapi juga ada ada santunan biaya perawatan akan diberikan kepada seluruh korban yang saat ini sedang dirawat di fasilitas kesehatan yang ada baik di puskesmas maupun rumah sakit.

"Santunan duka diberikan kepada 35 korban sesuai data yang diterima dari posko DVI Biddokes Polda Sulsel dan telah kami lakukan pendataan untuk kebenaran dan keabsahan ahli waris. Untuk hari ini diserahkan santunan duka kepada 13 orang ahli waris yang berada diwilayah Kabupaten Kepulauan Selayar," lanjutnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT