1865: Alice Diterbitkan


Penulis: History | BBC | Dok.mi - 04 July 2018, 07:15 WIB
img
wikipedia

ALICE’S Adventures in Wonderland merupakan sebuah buku cerita anak yang dikarang penulis sekaligus ahli matematika Inggris, Charles Lutwidge Dodgson, dan memakai nama samaran Lewis Carroll.

Buku tersebut mengisahkan gadis bernama Alice yang jatuh ke dalam lubang kelinci dan masuk ke dunia fantasi yang dihuni makhluk-makhluk aneh, seperti manusia kartu.

Cerita ini dipenuhi sindiran satire yang ditujukan kepada musuh dan teman-teman Dodgson. Alice pertama kali diterbitkan pada 4 Juli 1865, tepat tiga tahun setelah Charles Lutwidge Dodgson dan Robinson Duckworth, salah satu anggota Oxford Choral Society, sedang menaiki perahu menelusuri Sungai Thames bersama tiga gadis kecil, Lorina Charlotte Liddell, 13, Alice Pleasance Liddell, 10, dan Edith Mary Liddell, 8, dan di sanalah Dodgson pertama kali menceritakan kisah Alice kepada mereka. Karena menyukainya, Alice Liddell meminta Dodgson menuliskan kisah tersebut untuknya.

Manuskripnya diserahkan Dodgson kepada Liddell pada 26 November 1864 dan masih berjudul Alice’s Adventures Under Ground.  Sebelumnya pada 1863, Dodgson memberikan manuskrip karangannya kepada mentornya, George MacDonald, yang menyarankan pemublikasian kisah tersebut.

Kisah ini diterbitkan dengan judul Alice’s Adventures in Wonderland dan mencantumkan nama Lewis Carroll sebagai pengarangnya beserta ilustrasi yang digambar John Tenniel. Buku ini menjadi sangat populer, telah diterjemahkan dalam 125 bahasa.

 

BERITA TERKAIT