Nares Essential Oils Memulai dari Kemiskinan


Penulis: Eno - 29 June 2018, 13:00 WIB
MI/ADAM DWI
MI/ADAM DWI

NARASUMBER selanjutnya ialah sosok sederhana yang berasal dari Kendal, Jawa Tengah. Khafidz Nasrullah terlahir dari keluarga buruh tani yang hidup serba prihatin.

Setiap hari keluarganya kesulitan untuk makan. Karena melihat kondisi ini, Khafidz yang beranjak dewasa bertekad mengubah keadaan. Ia ingin membawa perekonomian keluarga menjadi lebih baik dengan berkuliah.

Pekerjaan apa pun ia jalani untuk menambah-nambah uang kuliah dan uang saku. Hingga akhirnya ia kembali ke kampung halaman dan melihat di belakang rumahnya banyak sekali daun cengkih berguguran dan di desanya ternyata ada penyulingan minyak daun cengkih.

Dari situlah Khafidz bertekad membuka usaha kecil-kecilan menyuling minyak asiri yang kelak bernama Nares Essential Oils. Melalui sebuah PT Kendal Argo Atsiri dengan produk andalannya Nares Essential Oils, ia mampu membuka usaha dengan memiliki khasiat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima juga mencegah penyakit. Nares yang dikemas dalam bentuk botol 10 mililiter dan terbuat dari bahan-bahan alami, essential oil, ini aman dioleskan pada kulit dan juga aman di teteskan pada minuman.

Dari skema pengelolaannya, Nares memiliki dua skema dalam mengelola lahan pertanian, yaitu bekerja sama dengan petani pemilik lahan dan mengajari petani tersebut menanam lavender, lemon grass, jasmine, dan membeli dengan harga di atas pasar ketika sudah panen.

Nilai edukasi inilah yang terus dihembuskan Khafidz kepada para petani binaannya sehingga mampu meningkatkan pola kerja dari semula serabutan menjadi lebih terarah.

Saat ini Nares tengah membangun pabrik baru untuk menambah kapasitas produksi hingga dua kali lipat dan dengan bertambahnya kapasitas produksi, bertambah pula pemberdayaan terhadap petani Kendal, Jawa Tengah, dan Kupang, NTT, dari saat ini hampir 3.000 petani menjadi 5.000.

Prestasi Khafidz Nasrullah:
1. Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri 2013
2. Winner Global Student Entrepreneur Award Asia Pacific, Kuala Lumpur 2013
3. Perwakilan Indonesia dalam Global Student Entrepreneur Award, Washington DC 2013
4. Bupati Kendal Awards 2015
5. 40 Under 40 Fortune Indonesia 2013

BERITA TERKAIT