1962: Kecelakaan Misterius di Guadeloupe


Penulis: History | BBC | Dok.mi - 22 June 2018, 05:15 WIB
wikipedia
wikipedia

HARI ini pada 1962, pesawat Boeing 707 milik Air France mengalami kecelakaan di Kepulauan Guadeloupe, menewaskan 113 penumpang dan awak pesawat.

Kecelakaan tersebut merupakan salah satu dari lima kecelakaan besar yang melibatkan Boeing 707 sepanjang tahun itu. Secara keseluruhan, lima kecelakaan itu menewaskan 457 orang.

Boeing 707 dibuat sebagai modifikasi dari pesawat tanker dan bomber militer KC-135. Desainnya diubah sehingga dapat mengangkut penumpang dan pesawat itu terbukti sangat populer dalam ledakan industri penerbangan komersial.

Meskipun sangat boros bahan bakar, Boeing 707 terbang lebih cepat dari jet komersial lainnya saat itu. Bagian Prancis Hindia Barat, Guadeloupe, ialah sebuah pulau kecil di Karibia. Bandaranya terletak di sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan.

Pada 22 Juni, pesawat Air France gagal mendarat dengan benar dan langsung jatuh ke puncak yang disebut Dos D'Ane atau Punggung Keledai. Pesawat tersebut meledak. Penumpang dan awaknya tidak ada yang selamat. Itu merupakan ketiga kalinya kecelakaan mematikan Boeing 707 dalam sebulan.

Pada 22 Mei di tahun yang sama, 45 orang meninggal saat sebuah pesawat terjatuh di Missouri, dan pada 3 Juni pesawat 707 Air France lain mengalami kecelakaan di Paris dan menewaskan 130 orang.

BERITA TERKAIT