Menko Darmin: Silaturahmi Lebaran Padat, Arus Mudik Lancar


Penulis: Tesa Oktiana Surbakti - 16 June 2018, 14:46 WIB
ANTARA/Nova Wahyudi
ANTARA/Nova Wahyudi

BERBEDA dengan sejumlah petinggi negeri yang menggelar open house di hari pertama Lebaran, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution baru menerima tamu pada hari kedua. Pasalnya, pada hari pertama Lebaran, jadwal silaturahmi cukup padat.

"Kita (open house) Lebaran hari kedua. Kemarin waktunya sangat mepet karena (Lebaran hari pertama) jatuh di hari Jumat. Pagi habis salat Ied buru-buru ke Bogor (menghadiri open house Presiden Joko Widodo). Sampai di sana sempat antre hampir 1 kilometer," ujar Darmin, Sabtu (16/5).

Sejak pagi, rumah dinas Darmin yang berlokasi di Komplek Widya Chandra, ramai dihadiri sejumlah petinggi negeri berikut pelaku di sektor ekonomi. Ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, sejumlah anggota DPR, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, hingga pengamat ekonomi Aviliani pun tampak hadir.

"Sebetulnya (open house) untuk keluarga sudah kemarin. Tapi itu pun saya baru datang jam 3 sore. Jadi Lebaran tahun ini luar biasa," jelas Darmin.

di sela-sela kesibukannya menyambut tamu, mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengomentari arus mudik Lebaran tahun ini. Menurutnya arus mudik relatif lebih baik dibandingkan tahun lalu, tercermin dari minimnya kemacetan di berbagai titik arus mudik. Menurutnya, situasi mudik Lebaran tahun ini bisa dikatakan sejuk.

"Mudik tahun ini bagus, tidak begitu macet. Cuman kita tahu kalau macet pasti seru sekali pemberitaannya. Tapi tidak apa-apa lah karena (kelancaraan arus) mudik tahun ini tidak membuat orang lelah dan kecelakaannya juga turun. Kecelakaan itu kan awalnya kelelahan. Dengan situasi yang lebih longgar, Lebara tahun ini saya bisa bilang lebih sejuk," pungkasnya. (OL-5)

BERITA TERKAIT