Dua Kesalahan Terbesar dalam Perawatan Kulit


Penulis: Sri Yanti Nainggolan - 16 June 2018, 03:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

MENJAGA kesehatan kulit tidak semudah yang dipikirkan. Dari sekian banyak perawatan, terdapat satu yang sering terlupakan. Apakah itu?

"Menurut saya, kesalahan perawatan kulit terbesar adalah tidak menggunakan produk dengan tabir surya, minimal SPF 30, setiap hari," tukas ahli kulit Dr Lauren Eckert Ploch dari American Academy of Dermatology.  

Menurutnya, sinar UV tak hanya menyebabkan bintik-bintik gelap, tetapi juga degradasi jaringan elastis di kulit yang menyebabkan kulit kendur.

Pemakaian tabir surya diperlukan dalam segala kondisi, bahkan dalam ruangan sekalipun.

"Bahkan beberapa lampu dalam ruangan, seperti lampu berpendar, memancarkan sinar UV. Selain itu, cahaya yang terlihat terang dapat menyebabkan sel-sel penghasil pigmen untuk menghasilkan lebih banyak pigmen, perburukan bintik-bintik gelap dan (terkena penyakit) melasma."

Ia juga merekomendasikan tabir surya dengan kandungan zinc oxide dan/atau titanium dioxide.

Selain itu, ia juga mengungkapkan kesalahan umum lain dalam perawatan kulit adalah menggunakan terlalu banyak produk sekaligus.

"Cobalah sederhanakan rutinitas, terutama untuk Anda yang memiliki riwayat kulit kombinasi atau kulit sensitif. Ini bisa juga dijadikan sebagai detoks."

Ia menambahkan, selain melapisi kulit dengan produk yang tidak diperlukan, beberapa bahan perawatan kulit juga bisa berbahaya dan mahal.

"Banyak produk mengandung wewangian atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit, atau berpotensi menyebabkan dermatitis kontak alergik," tambah ahli kulit Dr Meghan Feely dari komunitas yang sama.

Ia menyarankan untuk menemui dokter kulit bersertifikat untuk membahas rejimen perawatan kulit dan memilih produk yang tepat sebelum menggunakannya.   (Medcom/OL-7)

 

BERITA TERKAIT