Vapor Rasa Buah Tak Baik untuk Jantung


Penulis: Sri Yanti Nainggolan - 16 June 2018, 02:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

ROKOK baik konvensional maupun elektrik, memberi efek buruk pada tubuh. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa vapor rasa buah dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi pembuluh darah.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal American Heart Association tersebut menguji efek jangka pendek dari sembilan rasa kimia vapor pada sel-sel endotel, sel yang melapisi pembuluh darah dan dalam jantung.  

Kesembilan rasa itu adalah menthol (mint), acetylpyridine (rasa terbakar), vanillin (vanilla), cinnamaldehyde (kayu manis), eugenol (cengkeh), diacetyl (mentega), dimethylpyrazine (stroberi), isoamyl acetate (pisang) dan eucalyptol (dingin pedas).

Setelah 90 menit terpapar, kesembilan rasa tersebut terbukti berbahaya bagi sel epitel dan menyebabkan kematian sel jika digunakan pada tingkat tertinggi.

Bahkan, beberapa rasa (kayu manis, cengkeh, stroberi, pisang dan dingin pedas) menyebabkan kematian sel pada tingkat lebih rendah. Studi tersebut menyebutkan bahwa rasa stroberi memberikan efek paling buruk pada sel epitel.

Selain itu, sembilan rasa tersebut juga merusak produksi oksida nitrat ketika digunakan pada tingkat tertinggi. Oksida nitrat adalah molekul yang memungkinkan pembuluh darah melebar agar darah mengalir lancar.

Rasa terbakar, vanilla, kayu manis, dan cengkeh dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan menurunkan oksida nitrat, bahkan ketika digunakan dalam kadar rendah.

"Peningkatan peradangan dan kehilangan oksida nitrat adalah beberapa perubahan pertama yang terjadi yang mengarah ke penyakit kardiovaskular dan kejadian seperti serangan jantung dan stroke, yang dianggap sebagai prediktor awal penyakit jantung," pemimpin studi peneliti Jessica L. Fetterman, Ph .D., seperti dilansir Thehealthsite.

"Temuan kami menunjukkan bahwa aditif penyedap ini mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang serius."  (Medcom/OL-7)

BERITA TERKAIT