Surya Paloh Salat Id di Masjid Nursiah Daud Paloh


Penulis: Putra Ananda - 15 June 2018, 08:47 WIB
img
Medcom/Siti Yona Hukmana

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh melaksanakan Salat Idul Fitri 1439 H di Masjid Nursiah Daud Paloh, Kedoya, Jakarta Barat, bersama dengan warga sekitar dan karyawan Media Group, Jumat (15/6) pagi. Surya datang sekitar pukul 06.30 WIB dan langsung menempati area dalam masjid.

Salat Id dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Khotbah disampaikan mantan ketua Mahkanah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva dengan tema 'Kembali ke fitrah keadilan dalam perspektif Islam dan kebangsaan'. Dalam khotbahnya, Hamdan menjelaskan bahwa Islam dan Ramadhan identik dengan keadilan.

"Puasa Ramadhan yang dilakukan sebulan penuh adalah agar Umat Islam lebih bertaqwa dan jalan menuju taqwa adalah dengan menegakkan keadilan," jelas Hamdan.

Lebih lanjut, Hamdan menjelaskan bahwa keadilan dapat dilakukan oleh seluruh umat Islam tanpa mengenal latar belakang maupun profesi seseorang. Keadilan bukan hanya wajib dilakukan oleh seorang hakim, polisi, jaksa dan pejabat negara. Setiap umat bisa menegakkan keadilan dengan cara selalu berkata benar.

"Jangan sampai kita tidak jujur atau tidak adil hanya karena benci atau terlalu senang dengan orang tersebut, apalagi saat menjadi saksi di pengadilan yang sudah diambil sumpahnya," tuturnya.

Menurut Hamdan, keadilan hanya bisa didapat dengan cara menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam dunia hukum, mengabaikan kebenaran sama dengan mengorbankan keadilan. Sikap yang memihak, berat sebelah dan tidak seimbang dalam memutuskan suatu urusan atau perkara, memberi keterangan, dan menulis berita juga mencederai keadilan.

"Ada lebih dari 53 kata adil dan mengandung kata adil dalam Al Quran. Sebagian ahli fiqh memaknai keadilan dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya. Artinya memberikan orang sesuai porsi dan bagiannya yang sebenarnya," kata dia.

Acara Salat Id berlangsung selama 30 menit, sebelum meninggalkan area masjid, Surya nampak bersilaturahmi dengan warga didampingi Direktur Pemberitaan Metro TV Suryopratomo, dan Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong. Surya dijadwalkan akan bersilahrurahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor. (OL-2)

BERITA TERKAIT