Indonesia Dukung Amerika Utara Tuan Rumah Piala Dunia 2026


Penulis: Nurul Fadillah - 14 June 2018, 18:25 WIB
Ist
Ist

TIGA negara yang tergabung dalam zona Amerika Utara, yaitu Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada akhirnya memenangi hak tuan rumah Piala Dunia 2026. Kepastian tersebut didapat setelah adanya pemilihan yang berlangsung dalam Kongres FIFA, Moskow, Rusia, Rabu (13/6).

Trio negara yang menyebut sebagai United 2026 itu menang telak atas Maroko dengan 134 suara dari 211 negara anggota FIFA yang memilih. Adapun, Maroko hanya mendapat 65 suara.

United 2026 terpilih dengan jaminan Piala Dunia 2026 akan diikuti oleh 48 negara, lebih banyak dari jumlah peserta edisi sebelumnya yang hanya diikuti 32 negara. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang memilih United 2026 sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia edisi ke-23 tersebut.

Hal itu diungkapkan, Plt Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia, Joko Driyono yang hadir sebagai perwakilan Indonesia bersama dengan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha di Moskow.

"Kami rasa pada 2026 akan menjadi tantangan baru Piala Dunia, dengan jumlah peserta 48 yang sebelumnya 32. FIFA dan seluruh peserta Kongres, penuh kehati-hatian akan hal ini, agar sukses pelaksanaan Piala Dunia terus terjaga," ujar Joko.

Joko menambahkan PSSI sangat mengapresiasi terhadap mekanisme baru FIFA dengan voting terbuka dalam penentuan tuan rumah Piala Dunia. Ia juga menyebut negara Maroko sudah mempersiapkan dengan baik, United 2026 juga demikian.

"Usaha yang luar biasa yang dilakukan Maroko dan United 20206. Pilihan yang kita ambil akhirnya ke United 2026 dan akhirnya menjadi pilihan mayoritas," tandas Joko.

"Hal ini mengindikasikan ada pertimbangan atau analisis rasional yang terukur dimana aspek sepakbola menjadi titik fokus. Kita pelajari betul skoring akhir FIFA (bidang Evaluation Task Force, serta di website FIFA.com) sebelum pengambilan suara," lanjutnya.

Meski demikian, Wakil Presiden AFF tersebut menegaskan, fokus dan pekerjaan rumah PSSI bukanlah di Piala Dunia 2026, melainkan pada Olimpiade 2024.

"Indonesia ingin memastikan agar percepatan pengembangan sepakbola dengan milestone terdekat 2024 (Olimpiade) berhasil sukses. Sebagai basis proyek bidding tuan rumah FIFA World Cup 2034," tukasnya.

Di sisi lain, Amerika Serikat pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994 dan Meksiko pada tahun 1970 dan 1986. Lain halnya dengan Kanada yang hanya pernah menggelar Piala Dunia Wanita pada 2015.

Sebaliknya, bagi Maroko kekalahan dalam bidding ini terjadi untuk yang kesekian kalinya. Meskipun sering kali mengikuti proses bidding, Maroko selalu gagal untuk menggelar pesta Piala Dunia. (X-10)

BERITA TERKAIT