Kak Seto: Anak Terduga Teroris Kembali Ceria


Penulis: Indriyani Astuti - 14 June 2018, 17:10 WIB
img
MI/BENNY BASTIANDY

KETUA Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPIA) Seto Mulyadi mengunjungi tujuh anak terduga pelaku teror bom di Surabaya dan Sidoarjo, hari ini (Kamis (14/6) di rumah aman milik Kementerian Sosial. Pria yang akrab disapa Kak Seto itu menyampaikan kondisi anak-anak tersebut sudah ceria kembali.

"Anak-anak kelihatan senang dan gembira. Beberapa berpuasa. Ada yang bermain, mengembangkan kreativitasnya dengan menggambar, bahkan olahraga," ujar Kak Seto ketika dihubungi, Kamis (14/6).

Ia optimis anak-anak tersebut dapat dengan cepat kembali ke dunia mereka sebagai anak-anak tanpa ada tekanan. Saat ini, imbuhnya, pendampingan oleh psikolog masih dilakukan.

"Pendampingnya secara psikologis dilakukan, mereka sangat memahami dunia anak," ucapnya.

LPIA, ujarnya, mengapresiasi upaya pemerintah memberikan perhatian kepada anak-anak tersebut. Menurutnya hanya dengan cara itu mereka dapat pulih kembali seperti sedia kala.

"Alhamdulilah bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah khususnya mendapatkan kehidupan nyaman sebagai anak-anak."

Hingga beberapa waktu ke depan, anak-anak tersebut akan tinggal di rumah aman milik Kementerian Sosial. Menurut kak Seto memang sebaiknya tidak diberitau secara persis letak rumah aman mereka tinggal supaya menghindari ekspos berlebihan oleh media.

"Mereka harus bebas dari tekanan. Mereka harus kembali ke dunianya yang indah dengan mereka tampil seperti apa adanya anak-anak. Bisa riang gembira, bekerjasama dengan teman-temannya," pungkasnya. (X-10)

BERITA TERKAIT