Kasus Foto Topless Kate Middleton Kembali ke Pengadilan


Penulis: Basuki Eka Purnama - 14 June 2018, 06:59 WIB
AFP/THOMAS SAMSON
AFP/THOMAS SAMSON

DUA redaktur senior majalah selebritas Prancis Closer, Rabu (13/6), kembali ke pengadilan untuk mengajukan banding atas denda besar yang mereka terima karena menerbitkan foto istri Pangeran William, Kate, saat berjemur topless pada 2012.

Dua fotografer yang diduga mengambil foto itu juga mengajukan banding atas denda terkait kasus yang menyebabkan skandal di Inggris setahun setelah pernikahan Pangeran William dan Kate menikah.

Closer menerbitkan foto pasangan kerajaan itu di dekat kolam renang, Kate dalam kondisi topless, saat keduanya berlibur di Luberon, tenggara Prancis pada September 2012.

Redaktur majalah itu, Laurence Pieau, dan penerbit Ernesto Mauri diputus bersalah melanggar privasi pada September 2017 dan masing-masing diganjar denda sebesar 45 ribu euro (sekitar Rp740 juta).

Fotografer Cyril Moreau dan Dominique Jacovides, keduanya membantah mengambil gambar itu, juga didenda masing-masing sebesar 5 ribu euro (sekitar Rp82 juta) dengan tambahan masing-masing 5 ribu euro jika mereka mengulangi aksi mereka.

Majalah Closer juga diharuskan membayar ganti rugi sebesar 100 ribu euo setelah pasangan kerajaan Inggris itu mengajukan tuntutan sebesar 1,5 juta euro atas apa yang mereka sebut pelanggaran privasi serius.

Pangeran William dan Kate juga sukses mendapatkan keputusan pengadilan yang melarang penggunaan ulang foto itu. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT