Koleksi Baru Museum Nasional Siap Sambut Tamu Asian Games


Penulis: Thomas Harming Suwarta - 13 June 2018, 20:52 WIB
img
Ist

PERHELATAN pesta olahraga Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 mendatang menjadi kesempatan bagi Indonesia memperkenalkan kekayaan budaya bangsa. Salah satunya, melalui wisata museum khususnya Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

Menyimpan tujuh jenis koleksi, museum yang diresmikan pada tahun 1868 tersebut akan menjadi salah satu destinasi kunjungan tamu negara pada perhelatan Asian Games nanti.

"Sekarang memang kita sedang melakukan pembenahan di sana sini, baik fisik gedung terutama gedung A yang sedang direnovasi total maupun koleksi baru kita yang khusus akan kita luncurkan pada Asian Games nanti," kata Rudy Hidayat, Staf Bagian Promosi Museum Nasional di Jakarta, Rabu (13/6).

Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini, lanjut Rudy, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama dari mancanegara karena berisi sejarah dan kekayaan bangsa Indonesia, dengan harapan peninggalan tersebut bisa mengenal peradaban bangsa Indonesia.

Berdasarkan pendataan pada 2017, kata dia, Museum Nasional memiliki koleksi sebanyak 163 ribu benda bersejarah. Pada saat Asian Games koleksi itu akan bertambah dan siap dipajang di Gedung A yang tengah direnovasi.

"Pada prinsipnya kita tentu ingin meramaikan Pesta Olahraga Asian games dan lebih dari itu harapannya dengan koleksi yang kita sajikan negara negara tamu akan lebih mengenal lagi bangsa kita dan bukan tidak mungkin akan menjadi hal yang mengesankan bagi mereka," beber Rudy.

Tujuh jenis koleksi Museum Nasional yakni prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi, kata dia, akan terus diperkaya. "Mengenai deteilnya nanti saja supaya membuat penasaran masyarakat," sambungnya.

Selain pembenahan dalam rangka menyambut Asian Games, Museum Nasional juga terus berupya agar masyarakat bisa lebih akrab lagi dengan Museum dan menimba banhak inspirasi serta pengetahuan. Salah satu inovasi yang kini tengah dilakukan adalah mempersiapkan sebuah inovasi Museum Nasional Virtual sebagai bagian dari Gerakan Museum Dalam Genggamanmu.

"Artinya museum ini nanti bisa diakses secara mudah baik dari dekat maupun jauh. Saat ini kita tengah menyiapkan semuanya sampai siap baru kita luncurkan ke masyarakat," ungkap Rudy. (OL-5)

BERITA TERKAIT