Dua Kurcaci Hadir di Laga Pembuka Piala Dunia 2018


Penulis: Satria Sakti Utama - 13 June 2018, 14:19 WIB
img
AFP

PAGELARAN sepak bola terakbar tahun ini, Piala Dunia 2018 Rusia, segera dibuka di Moskow pada Kamis (14/6) malam. Stadion Luzhniki akan menjadi pusat perhatian sekaligus saksi sejarah dibukanya ajang empat tahunan tersebut.

Akan tetapi, pertandingan pertama mungkin tidak akan semenarik pesta pembukaannya. Dua tim dengan ranking terendah berdasarkan perhitungan FIFA dari seluruh kontestan Piala Dunia 2018 akan bertemu untuk menyambut hari pertama. Tuan rumah Rusia saat ini menempati posisi ke-70 ranking FIFA akan menjamu wakil Asia Arab Saudi yang hanya tiga peringkat lebih baik.

Pasukan 'Sbornaya'--julukan Rusia-- sedang dalam sorotan publiknya sendiri akibat buruknya posisi di ranking FIFA. Tidak sedikit yang meragukan kapasitas Rusia untuk dapat berbicara banyak di ajang Piala Dunia 2018, meski berstatus sebagai tuan rumah.

Terlebih masa persiapan yang dilalui Rusia juga tak impresif. Igor Akinfeev dkk tercatat tidak pernah menang dalam tujuh laga uji coba terakhirnya. Empat laga di antaranya berakhir dengan kekalahan dan sisanya imbang.

Target Rusia ialah untuk mencapai babak perempat final, tapi lolos dari babak penyisihan grup lebih realistis. Pencapaian yang tidak pernah digapai oleh Rusia sejak era Uni Soviet runtuh di awal tahun 90-an. Di Grup A Piala Dunia 2018, Rusia akan menghadapi Uruguay dan Mesir setelah melawan Arab Saudi.

Tekanan dan serangan psikologis menjadi aspek yang harus diperhatikan Pelatih Timnas Rusia Stanislav Cherchesov. Ia harus segera dicari jalan keluarnya agar meraih tripoin melawan Arab Saudi. Poin penuh akan membuka jalan Rusia ke babak selanjutnya.

"Saya bukan seorang terapis yang dapat menenangkan hati semua orang. Kami membuat peningkatan dan tugas utama kami ialah percaya pada diri kami sendiri. Kami juga membutuhkan kepercayaan dari pendukung kami," kata Cherchesov.

Pelatih 54 tahun ini kemungkinan akan menurunkan formasi 4-1-4-1 dengan Fyodor Smolov sebagai ujung tombaknya. Di lini tengah, Cherchesov dapat menduetkan Alan Dzagoev dan Aleksandr Golovin jika ingin meningkatkan opsi untuk lebih menyerang. Sedangkan, bek gaek Sergei Ignashevich tetap menjadi pilihan utama di jantung pertahanan. (reuters/OL-5)

BERITA TERKAIT