12 Karateka Dipersiapkan untuk Asian Games


Penulis: Budi Ernanto - 12 June 2018, 18:17 WIB
ANTARA
ANTARA

FEDERASI Karate Do Indonesia (Forki) akhirnya memilih 12 karateka yang akan dipersiapkan menjadi wakil Indonesia di Asian Games 2018. Pada akhir pekan lalu, Forki telah melakukan seleksi terhadap 24 atlet yang telah dari awal tahun ini berlatih di Puncak, Jawa Barat.

Untuk bagian putra yang terpilih, ialah, Ahmad Zigi Zaresta (kata putra), Rifky Ardiansyah (60 kg), Jintar Simanjuntak (-67 kg), Sandi Firmansyah (-75 kg), Romario Setiamu (-84 kg), dan I Made Budi Kertayasa (+84 kg).

Sementara di nomor putri, ada Nawar Kautsar M (kata), Srunita Sari Sukatendel (kumite -50 kg), Cokorda Istri Agung Sanistyarani (-55 kg), Intan Nurjanah (-61 kg), Ceyco Goergia (-68 kg), dan Dessynta Rakawuni Banurea (+68 kg).

"PB Forki memilih atlet terbaik yang siap meraih medali lewat seleksi tahap akhir ini agar bisa peroleh karateka yang benar-benar dapat diandalkan. Kami berharap 12 karateka itu bukan hanya untuk ajang Asian Games 2018 saja, juga olimpiade 2020 nantinya," kata Ketua Umum Forki, Gatot Nurmantyo. ketika di Cianjur, Senin (11/6).

Agar menjadi motivasi para karateka yang akan bertarung di Asian Games pada Agustus mendatang, Gatot mengatakan ada bonus sebesar Rp 1 miliar bagi peraih emas. Bonus itu merupakan tambahan yang sebelumnya sudah dijanjikan pemerintah melalui Kempora sebesar Rp1,5 miliar.

Sekretaris Jenderal Forki Lumban Sianipar mengatakan pihaknya kini memanfaatkan waktu sebelum batas akhir pendaftaran atlet untuk mengevaluasi dan menganalisis kelas-kelas yang berpeluang menyumbangkan medali. Indonesia sendiri nantinya hanya boleh mengirimkan delapan atlet karena regulasi mengatur demikian.

Dengan demikian, analisis peluang di setiap kelas menjadi wajib mengingat persaingan pasti sangat ketat. Utamanya, persaingan dengan lawan-lawan asal Jepang, Iran, Malaysia, dan negara-negara bekas Uni Soviet seperti Uzbekistan dan Kazakhstan.

Forki sendiri masih memiliki rencana untuk mengirimkan atletnya berlatih di luar negeri, yaitu ke kejuaraan karate Asia di Yordania pada Juli. Kemudian, para atlet kata akan dikirimkan untuk berlatih di Jepang dan atlet kumite latihan di Mesir dan Ukraina. (OL-5)

BERITA TERKAIT