Demi Hasil yang Lebih Adil


Penulis:  (BBC/Theindependent/rul) - 12 June 2018, 03:00 WIB
AFP PHOTO / Mladen ANTONOV
AFP PHOTO / Mladen ANTONOV

ADA hal baru yang akan diterapkan di Piala Dunia 2018. Untuk pertama kali, perhelatan terbesar sepak bola sejagat tersebut akan memakai   teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Penggunaan VAR dipercaya dapat membantu wasit menentukan keputusan yang akurat terhadap peristiwa yang terjadi di lapangan. Seorang wasit yang memimpin jalannya pertandingan hanya tinggal menggunakan jarinya untuk membentuk sebuah persegi panjang di udara atau menekan tangannya ke telinganya untuk mendengarkan hasil pantauan dari ruang kontrol VAR.

Sementara itu, di ruang kontrol VAR di Moskow, empat tim offisial telah memonitor video pertandingan. Monitor-monitor yang terpasang akan memuat 33 angle (sudut) hasil tangkapan kamera di lapangan, dengan delapan di antaranya menggunakan superslow motion dan empat lainnya ultraslow motion.

Tim tersebut bertugas memeriksa semua keputusan yang berpotensi menentukan hasil pertandingan karena secara konstan akan berkomunikasi dengan para ofisial utama di lapangan. Wasit juga memiliki akses ke monitor di tepi lapangan dan dapat melakukan peninjauan ulang sendiri.

Sebelumnya, untuk mendukung sistem VAR, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengumumkan 13 wasit akan menjadi petugas VAR untuk Piala Dunia Rusia 2018. Dari jumlah tersebut, wasit terbanyak ditunjuk dari Italia dengan total tiga wasit.

Mereka ialah Daniele Orsato, Paolo Valeri, dan Massimiliano Irrati. Dari Portugal dan Jerman masing-masing mengirimkan dua wasit, yaitu Artur Soares Dias dan Tiago Martins, serta Bastian Dankert dan Felix Zwayer.

Adapun dari Polandia, Pawel Gil menjadi pilihan untuk memimpin jalannya pertandingan, berikut pula dengan wasit asal Belanda, Danny Makkelie. Terpilihnya wasit dari Italia, Jerman, dan Portugal disebabkan liga di tiga negara tersebut menggunakan sistem VAR musim ini.

dalam menanggapi penerapan sistem VAR, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate meminta pemainnya untuk lebih berhati-hati. Ia menegaskan, tak ada lagi celah bagi siapa pun untuk mengelabui para pengadil lapangan selama turnamen berlangsung.

“Ini merupakan sistem yang masih dibiasakan semua orang. Kita harus waspada di setiap jengkal lapangan,” jelas Southgate. (BBC/Theindependent/rul)

 

BERITA TERKAIT