Giliran Brasil Diuji Austria


Penulis: AFP/BBC/Sat/R-2 - 10 June 2018, 05:40 WIB
AFP
AFP

BRASIL akan melakoni ujian terakhir sebelum tampil di Piala Dunia 2018 dengan menjajal kekuatan Austria dalam laga persahabatan di Vienna, dini hari nanti. Meski Austria bukan termasuk kontestan Piala Dunia 2018, laga nanti diprediksi tidak berjalan mudah bagi Neymar dkk.

Sebabnya, sejak ditangani pelatih Jerman Franco Foda pada November 2017 lalu, Das Team tampil apik. Terbukti dari lima laga uji coba sebelumnya, mereka menang. Terakhir, mereka bahkan membuat kejutan dengan melibas tim juara dunia bertahan Jerman 2-1 di Klagenfurt, pekan lalu.

Brasil akan diuji dalam hal transisi dari menyerang ke bertahan. Austria sangat piawai memanfaatkan lubang di pertahanan tim lawan dengan skema serangan balik cepat. Berkaca dari laga kontra Jerman, Marko Arnautovic dkk lebih dominan dalam penciptaan peluang ketimbang lawan meski hanya me-nguasai 38% penguasaan bola. Hasilnya, dua gol balasan tercipta dari Martin Hinteregger dan Alessandro Schopf di babak kedua.

“Saya punya kepercayaan diri karena kualitas dari latihan kami sangatlah tinggi. Saya mungkin akan mengubah satu atau dua posisi pada laga nanti,” jelas Foda. Di sisi lain, arsitek Brasil Tite akan memanfaatkan pertandingan ini untuk mematangkan opsi strategi cadangan. Lazimnya Tite akan menurunkan skema 4-1-4-1. Namun, cederanya gelandang jangkar Renato Augusto membuat taktik tersebut sulit dilakukan. Pelatih 58 tahun itu diprediksi kembali menjajal skema 4-3-3.

Tite juga berencana memberikan porsi bermain lebih banyak untuk Neymar. Pemain termahal di dunia ini baru pulih dari cedera patah tulang metatarsal. Neymar kembali bermain saat melawan Kroasia pekan lalu setelah absen selama lebih dari tiga bulan.

“Performanya mungkin masih naik-turun sebelum mendapatkan penampilan terbaiknya, mungkin tiga atau empat pertandingan lagi. Jadi, jangan membuat harapan dari apa yang Anda lihat di pertandingan sebelumnya.”

Sementara itu, arsitek Jerman Joachim Loew mencela ulah para fan yang mencibir gelandang Ilkay Gundogan saat melakoni uji coba melawan Arab Saudi. Dalam laga yang berkesudahan dengan skor 2-1 untuk kemenangan Jerman itu, Gundogan memang disoraki dan dicibir para fan ketika masuk ke lapangan pada babak kedua. Penyebabnya ialah foto dirinya bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

BERITA TERKAIT