Jerman hanya Menang Tipis atas Arab Saudi


Penulis: Antara - 09 June 2018, 13:05 WIB
img
AFP/LEON KUEGELER

JUARA dunia Jerman gagal tampil maksimal kendati berhasil menang atas Arab Saudi dengan skor 2-1 pada pertandingan gladi resik menuju Piala Dunia, Jumat (8/6) atau Sabtu (9/6) dini hari WIB, yang digelar kurang dari sepekan sebelum turnamen di Rusia itu dimulai.

Ini merupakan kemenangan pertama Jerman dalam enam pertandingan. Pasukan Der Panzer juga bermain penuh hati-hati demi menghindari cedera menjelang Piala Dunia. Sedangkan Arab Saudi mengaku memiliki perasaan bagus menjelang Piala Dunia.

Bersama kiper Manuel Neuer yang tampil sejak awal, pada pertandingan keduanya secara beruntun setelah absen sembilan bulan karena cedera dan Jerome Boateng yang kembali dari cedera otot, Jerman hampir menampilkan susunan tim terkuatnya.

Mesut Oezil tidak masuk dalam skuat pada pertandingan ini karena masih dalam pemulihan memar lututnya, namun mereka segera memimpin saat Timo Werner mencetak gol dengan memanfaatkan assist Marco Reus.

Namun, mereka gagal mempertahankan tempo, pertahanan mereka juga beberapa kali kehilangan konsentrasi ketika Arab Saudi memperlihatkan kecepatan dan kemampuan yang membuat bek tengah Mats Hummels tertekan pada babak pertama.

Omar Hawsawi mencetak gol bunuh diri sebelum turun minum setelah Jerman memiliki dua peluang yang membentur tiang gawang, dan mereka semestinya dapat menambah keunggulan andai kiper Arab Saudi Abdullah Al Mayouf tidak melakukan sejumlah penyelamatan bagus.

Arab Saudi mencetak satu gol balasan ketika Taisir Al Jassim menyambar bola pantul setelah Marc-Andre ter Stegen menyelamatkan penalti pada menit ke-85 dan ia menyia-nyiakan peluang untuk menyamakan kedudukan pada fase akhir pertandingan.

Pemain Jerman Ilkay Gundogan, yang masuk pada babak kedua, mendapat cemooh setiap kali ia menyentuh bola untuk pertandingan kedua secara beruntun. Para penggemar Jerman marah dengan dirinya yang berfoto bersama presiden Turki Tayyip Erdogan pada bulan lalu, menyebut tokoh tersebut dalam pesannya sebagai "presiden saya."

Jerman menghuni Grup F bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Arab Saudi akan dijamu tuan rumah Rusia pada pertandingan pembukaan turnamen pada 14 Juni dan juga akan menghadapi Mesir dan Uruguay di Grup A. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT