Artsy dengan Analog


Penulis: Rin - 09 June 2018, 12:30 WIB
MI/DESPIAN
MI/DESPIAN

PERAYAAN Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi. Banyak momen yang menarik untuk diabadikan. Namun, bila mengambil gambar dengan kamera ponsel sudah biasa, bagaimana bila Anda mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga dan orang terkasih menggunakan kamera analog?

Ya, tidak salah, kamera analog? Tantangan menciptakan foto yang menarik bisa memberikan keseruan tersendiri, apalagi sejumlah fitur yang menarik di kamera analog itu. Tantangan itu pun dijawab oleh Fujifilm dengan menghadirkan instax square SQ6.

Kamera berbentuk persegi ini menghadirkan sejumlah fitur yang menarik. Seperti automatic exposure untuk mendeteksi kadar cahaya dan menyesuaikan intensitas shutter speed dan flash light untuk menghasilkan resolusi terbaik. Bahkan, dalam kondisi minim cahaya.

Anda yang menyukai swafoto pun mampu mengoptimalkan fokus dan kadar cahaya. Ditambah dengan cermin kecil dekat lensa yang mampu mengatur gaya. "Foto yang dihasilkan akan sesuai dengan tampilan yang dicermin," ujar Johannes J Rampi, General Manager Consumer Printing Division Fujifilm Indonesia, saat peluncuran di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (31/5).

Bila Anda ingin yang lebih bereksplorasi bisa coba double exposeure. Di fitur ini, Anda bisa menempelkan dua hasil jepretan dalam satu foto sehingga bisa memberikan tekstur tersendiri dalam foto Anda. Atau Anda ingin memainkan filter, instax menghadirkan tiga warna filter, oranye, ungu, dan hijau sehingga menghasilkan foto yang unik dan artsy.

Diakui penyanyi Gamaliel Tapiheru, kehadiran instax square SQ6 ini sangat menarik untuk di-explore. Pasalnya, ia melihat generasi saat ini terbiasa dengan kesempurnaan yang dibuat, misalnya, mengedit foto di ponsel pintar.

"Kamera ini berikan vibe untuk hasilkan gambar yang baik. Karena generasi kita terbiasa dengan kesempurnaan yang dibuat," ungkapnya.

Di samping itu, kamera yang dibanderol Rp2.049.000 ini tidak hanya menghasilkan foto berukuran persegi panjang, tetapi juga tersedia edisi khusus yang berbentuk persegi dengan warna hitam.

Seri X

Dalam momen menjelang Lebaran ini, Fujifilm juga memperkenalkan seri kamera mirrorless terbaru mereka, yakni X-T100. Sejumlah fitur yang disematkan dalam perangkat ini antara lain, electronic view finder dengan perbesaran tinggi, layar LCD yang dapat digerakkan secara horizontal, daya tahan baterai yang lebih panjang hingga 430 frame, dan sensor 24.2 megapiksel.

"Pada tahun 2011 sebenarnya sudah mulai banyak kamera mirrorless, tapi baru kali ini Fujifilm menghadirkan kamera low end-middle yang sangat bagus. Sasaran kami agar para pengguna DSLR bisa switch ke mirrorless dengan adanya Fujifilm X-T100." ungkap Johannes pada peluncuran Fujifilm X-T100, di Aston Kuningan Suites, Setia Budi Utara, Senin (28/5).

Kamera X-T100 ini memiliki berat 448 gram dan memiliki 3 varian warna, dark silver, champagne gold, dan hitam. Kamera ini juga memiliki fitur fast autofocus yang dilengkapi dengan deteksi gerakan dan alogaritma terbaru yang disebut sistem intelligent hybrid AF.

Fitur tersebut mampu menangkap momen-momen secara instan dan akurat. Fitur lainnya ialah bluetooth yang sebelumnya tidak ada dari kamera mirrorless seri X Fujifilm. Teknologi ini mampu membuat pengguna memindahkan foto bahkan dalam mode foto sehingga foto dapat dipindahkan dan diunggah dalam waktu bersamaan.

Kamera X-T100 juga menghadirkan 11 variasi mode film simulation dan 17 varian advance filters, memberikan kebebasan pengguna untuk mengolah foto. Fitur ini dapat digunakan dengan mudah melalui one-step operation menggunakan tombol fungsi, tombol exposure compensation, dan fungsi touch-and-flick di layar LCD.

Kamera mirrorless dirasa dapat membantu para kamerawan maupun para vloger untuk tetap memiliki hasil yang bagus, tetapi tidak perlu berat-berat membawa kamera DSLR ke mana-mana. Apalagi kamera mirrorless ini juga sudah mendukung 4K untuk movie recording-nya.

Kamera ini bisa dibeli seharga Rp8.999.000 untuk body only dan Rp10.499.000 untuk X-T100 Kit XC15-45mm. Fujifim juga menggandeng Blibli untuk mempermudah proses pembayaran yaitu dengan Blibli instore yang tersedia di berbagai tempat.

Kamera X-T100 ini juga dikatakan tetap cocok dipasangkan dengan produk-produk ikonik Fujifilm seperti seri lensa X-mount, lensa zoom, atau lensa fixed. Selain itu, kamera ini juga dapat dihubungkan dengan printer Fujifilm instax SP-3 untuk mencetak foto secara instan menggunakan mode film instax.

BERITA TERKAIT