James Rodriguez Tantangan Pertahankan Ketajaman


Penulis: (Goal/Beo/R-1) - 09 June 2018, 00:50 WIB
AFP
AFP

PIALA Dunia 2014 menjadi panggung bagi James Rodriguez. Walau hanya mampu membawa Kolombia bertahan hingga perempat final, gelandang serang berusia 26 tahun itu menjadi yang terhebat dalam urusan mencetak gol. Enam gol dapat ia buat sehingga dia mendapat trofi sepatu emas.

Penampilan di Brasil 2018 mengantar Rodriguez berlabuh di Santigo Bernabeu, markas Real Madrid. Klub kaya Spanyol itu rela merogoh kocek sebesar 71 juta euro untuk mendatangkan Rodriguez dari AS Monaco, Prancis.

Di musim pertamanya bersama Madrid, Rodriguez membuat 13 gol. Namun, cedera yang dialami membuat sinarnya meredup. Ia dipinjamkan Madrid ke Bayern Muenchen hingga saat ini.

Rodriguez merupakan sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia lantaran usianya masih 26 tahun. Dia mampu ditempatkan di segala posisi dan mudah beradaptasi dengan tim mana pun. Meski demikian, Rodriguez mengaku lebih suka menjadi gelandang serang di belakang striker.

Kemampuannya saat memainkan si kulit bundar juga sering mengundang decak kagum, bahkan meski kaki kirinya lebih aktif. Selain itu, setiap tim yang dia bela selalu menorehkan prestasi.

Di Porto, Rodriguez membawa klub tersebut menjuarai Primeira Liga Portugal tiga musim secara beruntun dan sukses meraih trofi Liga Europa 2011. Bersama dengan Banfield, James berhasil mempersembahkan gelar juara Arpertura di Divisi Primer Argentina 2009.
Dengan kehebatannya itu, Rodriguez pun diyakini dapat membawa negaranya lolos babak penyisihan grup. Namun, banyak pihak yang mempertanyakan apa rasanya jika Rodriguez bertemu dengan beberapa rekannya yang biasa dijumpai di Muenchen dan akan menjadi lawan di Rusia.

"Mengapa tidak, pasti akan luar biasa. Namun, itu masih jauh dan kami harus memikirkan setiap langkah yang akan dibuat," ujarnya.

"Saya ingin punya kenangan Piala Dunia yang indah dan menolong teman-teman saya agar bisa mencapai semifinal atau partai puncak. Kenapa tidak Kolombia melaju sejauh mungkin?" imbuh Rodriguez yang sudah 62 kali tampil bersama Kolombia di berbagai kompetisi. (Goal/Beo/R-1)

 

BERITA TERKAIT