Diet Keto Mudah dan Menyehatkan


Penulis: Puput Mutiara - 06 June 2018, 06:40 WIB
THINKSTOCK
THINKSTOCK

BERAGAM cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh dengan berat badan ideal. Salah satunya dengan diet yang saat ini marak diperbincangkan, yaitu diet
rendah karbohidrat atau dikenal dengan sebutan diet keto.

Diet keto masih menuai banyak kontroversi. Alih-alih menginginkan berat badan berkurang, justru diet ini berisiko penyakit jantung akibat lemak dan bahkan bagi penderita diabetes dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah menurun drastis).

Secara sederhana, dr Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan, metode diet keto membuat seseorang membatasi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Akibatnya, tubuh akan berada pada kondisi yang disebut ketosis. “Tubuh akan membakar lebih banyak lemak untuk diubah menjadi energi. Metode ini diklaim dapat menurunkan berat badan dan menurunkan
risiko berbagai penyakit, seperti epilepsi dan alzheimer,” ujarnya dikutip dari klikdokter.com.

Membatasi asupan karbohidrat berarti mengurangi kadar gula yang masuk ke tubuh. Di satu sisi, hal itu baik karena konsumsi fruktosa atau gula berlebih mengakibatkan seseorang terus merasa lapar. Bagi mereka yang sedang menjalani diet keto haruslah benar-benar memilih makanan yang tepat konsumsi sebagai pengganti karbohidrat.

Misalnya, ikan salmon, sarden, makerel, dan tuna yang mengandung lemak omega 3. Lemak baik tersebut terbukti bermanfaat membuat jantung tetap sehat. Selain itu, omega 3 berperan penting untuk kesehatan otak, termasuk bagi mereka yang berusia lanjut.

American Heart Association menganjurkan konsumsi dua porsi ikan per minggu. Satu porsi kurang lebih sekitar 85 gram. Cara terbaik memperoleh manfaat ikan, yaitu mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus, ditim, atau dikukus. Namun, ikan bukanlah satusatunya makanan mengandung lemak pengganti karbohidrat.

Alpukat juga baik bagi kesehatan jantung. Lemak tak jenuh yang terkandung di buah ini dapat membantu meringankan radang sendi seperti pada gangguan osteoartritis.


Gula nol kalori

Diet keto saat Ramadan seperti sekarang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hari biasa, bahkan cenderung lebih mudah. Pasalnya, puasa dipercaya mampu memicu metabolisme seseorang menuju kondisi yang disebut ketosis. Selain terbebas dari godaan untuk ngemil, diet keto di bulan puasa juga hanya perlu memikirkan menu sahur dan berbuka yang pas. Contohnya, ketika jam buka puasa tiba, takjil manis dapat diganti dengan air putih atau buahbuahan.

Di sisi lain, ketika sahur dan berbuka, kita bisa menyiapkan menu makanan dengan bahan dasar santan, ikan, daging, dan telur. Intinya, diet keto saat puasa berarti membatasi asupan karbohidrat 10 gram-50 gram dalam sehari serta mendapatkan sumber tenaga utama dari keton atau lemak.

Perlu dipahami bahwa sebenarnya mencari makanan berlemak pengganti karbohidrat tidaklah sulit. Caranya, kita dapat mengganti gula harian yang banyak mengandung sukrosa penyebab berat badan bertambah dengan gula nol kalori.

Rangkaian produk Diabetasol, yaitu Diabetasol Sweetener 0 Kalori merupakan salah satu yang baik dikonsumsi karena telah dirancang secara. khusus. Produk tersebut mampu menghasilkan rasa manis meskipun digunakan pada suhu tinggi.

Manisnya pun sesuai untuk penderita diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Hal itu menjadikan Diabetasol Sweetener 0 Kalori baik dikonsumsi, termasuk bagi mereka yang sedang diet keto untuk menghindari konsumsi gula berlebih. (S4-25)

BERITA TERKAIT