Cara Ini Membantu Anak Mengingat Momen Spesial Mereka


Penulis: Raka Lestari - 01 June 2018, 02:20 WIB
img
thinkstock

ANAK -anak yang masih berusia 1 atau 2 tahun mungkin masih belum bisa mengingat dengan baik memori yang ada di dalam hidup mereka. Namun ternyata ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk benar-benar membantu meningkatkan memori anak Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Psychology, anak-anak menderita kondisi yang disebut amnesia masa kanak-kanak, atau ketidakmampuan untuk membentuk kenangan sebagai anak-anak yang bertahan hingga dewasa, sampai mereka mencapai usia 3 tahun.

Namun menurut Nora Newcombe, seorang psikolog, anak-anak lebih mampu mengingat perasaan daripada kejadian.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu anak Anda bisa lebih merasakan kejadian agar mereka bisa mengingatnya.

1. Menceritakannya kepada mereka
Menurut Jill Uhlenberg, Ph.D, seorang ahli anak mengatakan bahwa pengulangan adalah cara terbaik untuk mengingat hal-hal seperti orang dewasa, dan hal yang sama berlaku untuk anak-anak.

Jadi, jika Anda ingin anak Anda mengingat momen khusus, kuncinya mungkin adalah dengan sering membicarakan peristiwa itu, dan ketika mereka tumbuh, ingatkan mereka tentang apa yang terjadi.

2. Berfoto
Menurut Parents.com, mengambil banyak gambar selama acara khusus dan memperlihatkannya kepada anak Anda dapat membantu mereka mengingat apa yang terjadi.

3. Ulangi kejadian itu
Meskipun tidak selalu mungkin, cara terbaik untuk meningkatkan memori anak Anda dari kejadian khusus adalah dengan mengulang pengalaman. Seorang psikolog, Susan Newman mengatakan kepada Yahoo Lifestyle, melakukan liburan tahunan secara khusus dapat membantu anak Anda membentuk kenangan yang selalu mereka ingat.

4. Pastikan mereka cukup tidur
Meskipun lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, terutama pada liburan atau perjalanan, satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research menunjukkan bahwa cukup tidur dapat membantu anak-anak dan orang dewasa membentuk ingatan mereka.

5. Tunggu sampai mereka lebih dewasa
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Psychobiology, anak-anak mulai mengembangkan kemampuan untuk mengingat peristiwa tertentu pada usia 3 tahun.

Dan akan jauh lebih baik dalam mengingat peristiwa masa kanak-kanak mereka setelah usia 4 tahun. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan perjalanan penting dengan mereka tunggu sampai mereka sudah cukup besar dan bisa mengingatnya.  (medcom/OL-6)

 

BERITA TERKAIT