Pulau Penang, Destinasi Beragam Atraksi


Penulis: Micom - 30 May 2018, 12:45 WIB
Foto: straitstimes.com
Foto: straitstimes.com

MALAYSIA bukan hanya Kuala Lumpur. Jika Anda mencari tiket pesawat ke Malaysia menggunakan jasa travel daring, Anda pasti menemukan nama Pulau Penang.

Kota itu tenteram, di balik kesibukan masyarakatnya yang begitu padat. Selain itu, Pulau Penang bagi pecinta diecast juga merupakan sebuah destinasi impian karena di sana ada pabrik yang menghasilkan mobil-mobilan yang digilai anak kecil hingga dewasa, Hot Wheels.

Terletak di bagian barat Malaysia, Pulau Penang memiliki keunikan yang tidak akan Anda temukan di kota-kota besar lainnya di Malaysia.

Untuk mencapai Pulau Penang, dari Kuala Lumpur Anda bisa menggunakan bus, kereta api listrik, atau pesawat dengan waktu tempuh yang beragam. Bila menggunakan jalur darat, Anda akan melewati jembatan terpanjang di Asia Tenggara, lebih panjang dari Jembatan Suramadu atau jembatan tol yang menghubungkan Pulau Bali dengan Nusa Dua.

Saking panjangnya, jembatan ini terbagi menjadi dua, Penang Bridge dengan panjang 13,5 km dan Penang Second Bridge, yang punya lintasan 23,5 km.

Di Pulau Penang, tidak aneh jika Anda bertemu warga Indonesia. Ada yang sesama pelancong, pemilik warung yang ternyata adalah orang Karo, Sumatera Utara, atau mengobrol dengan pemilik kantin yang berasal dari Jawa. Biasanya mereka akan mengetahui dan memperkenalkan diri setelah mengetahui Anda berbahasa Indonesia.

Salah satu tempat yang menarik dikunjungi di Pulau Penang ialah George Town. Di kota ini, Anda bisa menemukan bangunan-bangunan bergaya klasik. Agar kawasan ini terjaga kelestariannya, UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Budaya Dunia di tahun 2008 silam. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa harus berburu tiket pesawat ke Malaysia.

Di George Town, Anda bisa foto-foto bareng mural, atau lukisan-lukisan di dinding gedung yang unik. Lukisannya tersebar di berbagai sudut George Town dan dibuat oleh seniman Ernest Zacharevic.

Di Pulau Penang, Anda bisa mengunjungi Wonderfood Museum, sebuah museum yang akan membuat lidahmu bergoyang dan perut berdendang lapar melihat benda-benda yang dipamerkan.

Wonderfood Museum ini membeberkan fakta tentang makanan sehari-hari masyarakat Malaysia, bahan-bahan makanan, cara mengolah, hingga replika kedai makanan pun ada.

Bagaimana, tertarik berpetualang di Pulau Penang? (RO/OL-2)

BERITA TERKAIT