Mandiri Syariah dan Muhammadiyah Launching SBMPTM Online


Penulis: Fetry Wuryasti - 27 May 2018, 15:05 WIB
ANTARA
ANTARA

BANK Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah meluncurkan layanan pembayaran online kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTM) di Jakarta, Minggu (27/5).

Hadir di acara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir Ketua Diktilitbang PP Muhamamdiyah Lincolin Arsyad, Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari, serta beberapa Direksi Mandiri Syariah.

SBMPTM adalah seleksi bersama mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang tahun ini diikuti Program Studi Pendidikan Kedokteran di 12 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia di antaranya Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Universitas Muhammadiyah Makasar (UNISMUH), dan lainnya.

Sistem pendaftaran dan pembayaran online SBMPTM memudahkan calon mahasiswa baru. Dengan pendaftaran online, biaya dan waktu lebih efisien, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah.

Sebelumnya, seleksi masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah dilakukan di masing-masing universitas. Dengan SBMPTM, seleksi dilakukan bersamaan dengan cara manual.

Seleksi ini telah dilakukan sebelumnya di lingkungan perguruan tinggi negeri. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online dan melakukan pembayaran melalui Kantor Cabang Mandiri Syariah, BSM Net, ATM Bank Syariah Mandiri, ATM Jaringan Mandiri/Bersama dan ATM Jaringan Prima.

Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp750 ribu, peserta mempunyai kesempatan memilih tiga program studi Pendidikan Dokter pada PTM yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari menyampaikan sangat mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

“Mandiri Syariah berperan mensuport solusi layanan keuangan pembayaran online bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar SBMPTM,” jelas Toni, melalui rilis yang diterima, Minggu (27/5).

Islamic Ecosystem termasuk di dalamnya rumah sakit, pendidikan, dan turunannya (civitas akademis, dokter, dll) merupakan salah satu fokus bisnis Mandiri Syariah saat ini.

Toni EB Subari menambahkan Mandiri Syariah bangga bisa mendukung dan bersinergi dengan Diklitbang PP Muhammadiyah dalam menginisiasi sistem pendaftaran online SBMPTM.

‘’PP Muhammadiyah memiliki banyak perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas yang baik.’’ katanya.

Untuk tahap awal, sistem pendaftaran online hanya untuk Fakultas Kedokteran di dua belas PTM.

‘’Kami mensupport jika nantinya SBMPTM diberlakukan untuk fakultas lainnya di 172 perguruan tinggi Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia” kata Toni.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan PTM mempunyai peran strategis di dunia pendidikan Indonesia. Momentum ini sangat baik karena dapat memobilisasi potensi PTM.

Haedar Nashir juga menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada Mandiri Syariah dan berharap ke depannya kerjasama akan semakin baik.

Pendaftaran SBMPTM akan dimulai pada 28 Mei-14 Juli 2018 dengan kuota sekitar 5.000 peserta dan 210 kursi untuk peserta yang lolos tahap satu. Adapun pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Juli 2018.

Toni EB Subari berharap sinergi Mandiri Syariah dengan Muhammadiyah dapat memberikan kontribusi pada pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta memberikan keberkahan kepada kedua belah pihak. (OL-2)

BERITA TERKAIT