Pecinan Warna-warni di Cirebon


Penulis: (*/M-1) - 27 May 2018, 03:00 WIB
DOK. PACIFIC PAINT
DOK. PACIFIC PAINT

KEHEBOHAN sepuhan warna di ruang-ruang kota yang memikat kedatangan pelancong kini hadir juga di Pasar Kanoman Cirebon, Jawa Barat. Cat dan swafoto terbukti mujarab mendongkrak geliat wisata di banyak kota di Indonesia. 

Di Cirebon, 200 ruko dan tenda pedagang telah diberi aneka kelir. Jadi, selain mengagendakan makan empal gentong, tahu gejrot dan jalan-jalan ke keraton, mari mampir ke pasarnya yang meriah.

Program memperbarui wajah kota buat membahagiakan warga pun para pelancong ini dinaungi kegiatan Pecinan Warna-warni yang dilakukan Pacific Paint. Sebelumnya, merek cat berusia lebih drai tujuh dekade ini telah melakukan kegiatan serupa, Kampung Bekelir di Tangerang, Banten, dan Kampung Merah Putih di Tual, Ambon.

“Dalam rangka ulang tahun ke-75, kami melihat kawasan pecinan ini, selain sebagai pusat ekonomi, bagian dari sejarah. Dengan revitalisasi ini semoga bisa menghidupkan kembali pasar sebagai destinasi utama wisata dan berbelanja sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan dinikmati antar generasi”  ujar Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pacific Paint.

Kesultanan dan Dinasti Ming
Kisah tentang korelasi antara keraton Cirebon dan komunitas Tionghoa telah disebut dalam naskah Purwaka Caruban Nagari. Disebutkan, warga Tionghoa berada di wilayah Cirebon sekitar 200 tahun sebelum Kesultanan berdiri.

Mereka hadir di Cirebon sejak 1415 M sebelum Kerajaan Cirebon berdiri pada sekitar 1500 M. Salah satu jejaknya, Putri dari Dinasti Ming, Ong Tien, merupakan istri Sunan Gunung Jati. Selain itu, pasukan Tiongkok yang dinakhodai Laksamana Cheng Ho, Panglima Besar Angkatan Laut dari Dinasti Ming, juga sempat berlabuh di Cirebon.

“Pasar Kanoman bukan hanya bagian dari sejarah, namun juga jantung Cirebon. Dengan adanya pemugaran ini saya berharap masyarakat lebih bangga dengan jati diri bangsa dan mengapresiasi budaya lokal,” kata Pangeran Radja Adipati Arief Natadiningrat, dari Kesultanan Kasepuhan. Libur lebaran ini, ke Pecinan Cirebon yuk! (*/M-1)

BERITA TERKAIT