Belajar tentang Uang Yuk!


Penulis: SURYANI WANDARI - 27 May 2018, 09:30 WIB
MI/WANDARI
MI/WANDARI

DI era digital sekarang ini, tidak dapat dimungkiri beberapa tempat sudah menerapkan penggunaan uang elektronik ya sobat. Bukan hanya uang fi sik yang kini digunakan buat bertransaksi, melainkan uang yang datanya disimpan dalam sistem server atau chip sebagai layanan kartu prabayar multifungsi seperti bayar tol, parkir, commuter line, transjakarta, hingga transaksi makan di beberapa minimarket ya sobat.

Beberapa transaksi yang dapat dilakukan menggunakan uang elektronik berbasis server di antaranya bisa menarik uang tunai di ATM tanpa menggunakan kartu debit atau kartu ATM loh. Eh, sobat Medi sudah pada tahu transaksi di bank, asuransi atau tentang keuangan lainnya? Yuk simak Medi saja deh!

Literasi keuangan
Untuk menabung tentu kalian sudah mengenal bank bukan? Ya, bank berfungsi untuk menerima simpanan dan meminjamkan uang, tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan celengan ya, karena terbebas dari pencurian atau kehilangan ya sobat. Dengan menabung, selain dapat membeli barang-barang yang kamu sukai dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit, kamu juga akan mendapatkan dana uang saat kebutuhan mendadak, atau bisa pula membangun cita-cita kamu dengan memenuhi biaya kuliah dan kebutuhan pribadi ya sobat. Pelajaran mengenai menabung, menyikapi uang hingga berbagai jenis asuransi pun harus kalian tahu loh.

Mengapa? “Literasi keuangan dapat membantu anakanak agar siap menjalani kehidupan modern dan dapat mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan uang,” kata pak Tirta Segara, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin, (21/5).

Akan tetapi tahukah sobat, berdasarkan data dari OJK, tingkat literasi keuangan masyarakat  Indonesia masih rendah loh. Pada 2016 yang paham literasi hanya mencapai 29,7%. Angka itu didapatkan melalui survei terhadap 9.680 responden yang berusia 15 tahun ke atas. “Artinya hanya 1/4 masyarakat Indonesia yang memiliki pemahaman memadai tentang keuangan, sementara bagi yang sudah memiliki akses ke jasa keuangan, jumlahnya mencapai 67,82% dari total populasi,” lanjut pak Tirta.

E-learning dengan gim
Literasi keuangan memang sedikit sulit ya, bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga belum tentu tahu loh. Akan tetapi sobat Medi tetap tenang, OJK bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) telah mengembangkan modul e-learning untuk SD dan SMP loh dan diluncurkan di kantor OJK.

Telah di mulai sejak 2017, OJK dan ADB pun sebelumnya telah membuat modul e-learning untuk siswa SMA loh. E-learning ialah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga dapat digunakan untuk jarak jauh.

Ya benar, harus tersambung dengan jaringan internet sehingga dapat langsung dibuka PC, notebook, smartphone, tablet, maupun perangkat elektronik lainnya.

Menurut pak Tirta, hal ini menjadi terobosan teknologi sebagai upaya peningkatan literasi keuangan bagi pendidikan pelajar di Indonesia, apalagi dapat menjangkau lebih banyak pelajar di seluruh wilayah Indonesia yang telah tersambung ke jaringan internet. “E-learning secara umum mempelajari bidang keuangan melalui pembelajaran yang interaktif dan inovatif, di dalamnya ada animasi seru dan permainan,” lanjut pak Tirta.

Cerita tentang uang
Ya, selain mendapatkan materi, di elearning ini ada cerita tentang banyak aspek yang interaktif, ada tombol untuk pergi ke tampilan selanjutnya, pada beberapa gambar bisa juga diklik sehingga akan keluar pengertiannya loh. Akan tetapi ingat sobat, kalian harus memperhatikan apa yang dijelaskan pada setiap slide-nya ya, karena di akhir akan ada permainan berupa kuis yang melatih ingatan kita.

Hal yang istimewa, kalian akan mendapatkan sertifi kat digital lengkap dengan jumlah skor pada kuisnya. Wah, seru kan sobat?

Modul e-learning ini pun dapat diunduh secara cuma-cuma melalui minisite sikapi uangmu (www.sikapiuangmu.ojk.go.id). Nah, sobat Medi sudah tahu kan? Uang memang terlibat dalam banyak aspek kehidupan. Uang dan pengelolaan uang merupakan sebuah ilmu dan keterampilan yang bisa dipelajari ya. Yuk unduh modul e-learningnya!

BERITA TERKAIT