Mengintip Lokasi Syuting Film-Film Tiongkok


Penulis: Briyan B Hendro - 24 May 2018, 13:52 WIB
img
Foto-Foto: MI/BRIYAN B HENDRO

JIKA Anda pernah menonton film A Chinese Odyssey yang dibintangi Stephen Chow, tidak ada salahnya untuk mampir ke China Western Film Studio saat berada di Provinsi Ningxia, Tiongkok.

Berada sekitar 35 km di bagian barat kota Yinchuan, studio ini merupakan salah satu studio pembuatan film terbesar di Tiongkok.

"Sekitar 200 film pernah syuting di studio ini," jelas Amel, pemandu yang mendampingi saya.

Di bagian depan studio terdapat tembok besar peninggalan Dinasti Ming (1368-1644 M) dan Dinasti Qing (1644-1911 M) ketika melawan suku-suku dari utara. Lalu sejak 1980-an, lokasi ini mulai digunakan untuk syuting film.

Pengunjung berfoto dengan latar properti pembuatan film di China Western Film Studio

Pengunjung juga dapat menyewa pakaian khas Tiongkok yang digunakan saat syuting film di China Western Film Studio

Berbagai setting kehidupan Tiongkok zaman dahulu terdapat di studio film ini, seperti suasana pasar hingga pemukiman penduduk. Selesai syuting, rumah produksi meminta berbagai properti dan latar tidak dirusak dan dibiarkan begitu saja. Sebagai gantinya, pemerintah Tiongkok pun menggratiskan pembuatan film di studio ini.

Salah satu properti bangunan yang tetap dipertahankan sesuai aslinya pasca digunakan untuk syuting film

Semakin banyak film yang diproduksi, semakin banyak juga aneka setting yang dibuat sehingga China Western Film Studio bisa sebesar saat ini. Karena lokasi syuting tetap dipertahankan sebagaimana aslinya, aneka latar dan properti sama persis dengan yang ada di film.

Selain dapat leluasa untuk melihat lebih dekat aneka properti yang digunakan untuk keperluan produksi film, pengunjung juga dapat menyewa kostum dari berbagai peran yang ada di film, seperti sebagai pendekar atau pun ratu. Lengkap dengan pedang di tangan, saya pun bernarsis ria bergaya bak pendekar dari Tiongkok. Anda mau juga mencobanya? (OL-2)

BERITA TERKAIT