Kommika, Belajar Eksak Jadi Enak


Penulis: Fathurrozak - 20 May 2018, 01:55 WIB
img
DOK KOMMIKA

KOMMIKA alias komik matematika dan fisika ini dijamin bikin pelajaran eksak kamu jadi enak. Mengusung misi memberikan kontribusi pendidikan buat negeri, Kommika berfokus pada matematika dan fisika yang sering jadi momok para pelajar. Dengan konsep pembelajaran visual digital, Kommika siap membantu para siswa belajar dengan asyik dan menyenangkan lewat cerita dalam komik.

Rintisan bisnis edukasi berbasis komik dengan konsep digital ini digagas mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Mereka juga terbukti bukan cuma jagoan kampus sendiri, karena selain menjadi kandidat juara pertama hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNJ 2018, Kommika juga menyabet juara ketiga pada kompetisi entrepreneur Priceza Young Entrepreneurship Competition 2018.

Muda ngobrol dengan Savira Rahmah Zakiyyah, Manajer Pemasaran Kommika, mewakili timnya. Simak ya!

Ceritakan dong, Kommika ini sebenarnya apa sih?

Ini merupakan media pembelajaran visual digital berbentuk komik, hadir dalam dua bentuk yaitu kommika.com, basisnya website dan kommika app, di android. Kommika sendiri merupakan singkatan dari komik matematika dan fisika, jalan ceritanya sendiri didasari pada konsep-konsep dasar matematika dan fisika di kehidupan sehari-hari. Untuk konten, kami ada tim komikus internal, dua orang kreator.

Dari mana ide awal Kommika ini berasal?

Tim Kommika terdiri dari tujuh orang, yaitu saya, Denawati Junia, Wulansari, Monica Ayu O, M Nurilman Baehaqi, M Endar, Heryansyah S, dan Anwar Setiadi. Penggagas awal kommika adalah Denawati Junia selaku ketua kami. Pada awalnya kommika digagas hanya dalam bentuk komik cetak. Namun, seiring berjalannya waktu dan mengikuti kebutuhan pasar, maka kami mengembangkannya dalam bentuk digital.

Apa tujuan utama Kommika?

Kommika bertujuan membantu adik-adik yang masih sekolah, dari SD hingga SMA yang membutuhkan media pembelajaran menarik sehingga mereka dapat dengan mudah memahami konsep matematika dan fisika yang tersohor sebagai pelajaran paling menantang. Selain itu, kami juga ingin berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Kommika juga merupakan bisnis, landasan bisnisnya seperti apa?
Bentuk bisnisnya berupa layanan belajar via aplikasi yang di dalamnya ada banyak fitur pembelajaran berbasis komik. Kami menawarkan 1.000 cerita menarik, yang bisa diakses kapan pun, ada 500 lebih rangkuman cerita, serta dukungan 24 jam untuk kontak jika ada kendala, tarifnya Rp59 ribu per bulan, sedangkan untuk trial atau uji coba gratis, ada 10 cerita, 5 rangkuman.

Mengapa matematika dan fisika yang dipilih?
Hingga saat ini kami memang hanya berfokus pada bidang pendidikan, karena ini merupakan tujuan utama kami dalam mendirikan Kommika. Kami memilih matematika dan fisika, sebab kedua pelajaran tersebut dianggap sulit dan bersifat abstrak. Berdasarkan hasil penelitian, dikatakan pula bahwa terdapat banyak kesulitan yang dialami oleh peserta didik, khususnya dalam memahami konsep matematika dan fisika. Selain itu, kedua pelajaran ini memiliki kaitan yang erat. Kommika tetap dengan tujuan mulianya, membantu siswa belajar, konten dikondisikan dengan norma kehidupan sehari-hari.

Kalian sudah mendapat dua kali penghargaan, bagaimana kalian memaknainya?
Alhamdulillah kami sangat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak yang sudah mendukung. Akan tetapi, penghargaan tersebut sebenarnya belum berarti apa-apa sampai Kommika benar-benar dapat memberikan manfaat secara nyata untuk pendidikan di Indonesia. Penghargaan tersebut adalah pemicu kami untuk terus berkarya.

Sejauh ini, pendanaan untuk pengembangan didapat dari mana?
Untuk pendanaan pengembangan, kami dapatkan dari program mahasiswa wirausaha dan hadiah dari pemenang Priceza Young Entrepreneur Competition 2018. Insya Allah menjelang akhir tahun ini Kommika akan rilis dalam bentuk komik berisi ringkasan materi fisika dan matematika SMP. Target utama Kommika adalah seluruh pelajar di Indonesia, khususnya yang masih duduk di bangku SD, SMP, maupun SMA.

Bagaimana dengan target tahun pertama Kommika?
Untuk tahun pertama, kami menargetkan 10% siswa dari tiap sekolah SMP yang ada di Jakarta. Strategi yang sedang kami rencanakan sejauh ini adalah promosi secara online melalui berbagai social media serta kedepannya kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak.

BERITA TERKAIT