Wasari Calon Pengganti Enthus Terganjal Surat Pensiun


Penulis: Supardji Rasban - 18 May 2018, 20:40 WIB
img
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

NAMA Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Wasari, yang digadang-gadang sebagai calon terkuat pengganti Enthus Susmono sebagai calon Bupati Tegal, terganjar surat pensiun. Wasari menjadi kandidat terkuat berdasarkan pendapat para kiai dan pengurus NU. 

Wasari yang dihubungi sedang berada di Jakarta mengurus surat pensiun dini sebagai pegawai Negeri Sipil (PNS), membenarkan bahwa namanya yang terkuat berdasarkan rapat pengurus MWCNU, PCNU, dan partai. Surat pensiun dini itu yang nantinya digunakan sebagai syarat untuk diajukan ke KPU.

"Pertimbangan bahwa saya dipilih sebagai calon pengganti itu memang sudah bulat. Namun, saya memiliki hambatan," ujar Wasari, Jumat (18/5).
     
Wasari menjelaskan ganjalannya, surat pensiun dini keluar pada tanggal muda yakni 1 Juni, karena aturannya seperti itu. "Sedangkan KPU memberikan waktu tujuh hari atau sepekan untuk mengusulkan pengganti," jelasnya.

Dia menerangkan tujuh hari tersebut jatuh pada Minggu (20/5/2018). Paling lambat penyerahan dokumen persyaratan pada pukul 16.00 WIB. Menurutnya, keluarnya surat pensiun dini itu lah yang menjadi hambatannya untuk maju di pilkada menggantikan Enthus.
     
Wasari bertutur semula akan menjadi calon wakil bupati, sedangkan Umi Azizah yang awalnya calon wakil naik menjadi calon bupati yang ditinggalkan Enthus. "Berdasarkan kesepakatan saya tadinya mau dipasangkan menjadi calon wakil bupati," ucap Wasari.
     
Menurut Wasari, pihaknya sudah melaporkan hambatan tersebut ke organisasi dan DPC PKB. "Mendengar hal itu, beliau (Firdaus/Ketua DPC PKB) merasa sedih bercampur lemas. Mau bagaimana lagi, wong aturannya harus seperti itu, tidak bisa diubah- ubah, ya terima saja," ujarnya.
     
Meski begitu, Wasari berharap pada tahun-tahun berikutnya dia bisa diberikan kesempatan lagi untuk mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil bupati Kabupaten Tegal. "Kalau masih dikasih kesempatan Insyallah maju sebagai calon bupati pada periode mendatang," pungkasnya.(A-5)

BERITA TERKAIT