Pelibatan Satuan Khusus TNI Dibahas Pekan Depan


Penulis: Rudy Polycarpus - 18 May 2018, 20:10 WIB
img
MI/Susanto

RENCANA pembentukan kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI akan dibahas dalam rapat Panitia Khusus RUU Antiterorisme dan tim pemerintah pada pekan depan.

Rapat tersebut, kata Ketua DPR Bambang Soesatyo, akan membahas sejauh mana keterlibatan satuan itu dalam membantu kepolisian menanggulangi terorisme.

"Nanti akan ada rapat Komisi I DPR. Agendanya untuk membahas penggunaan pasukan elite di satuan TNI dalam membantu Polri menumpas gerakan terorisme," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/5).

Bambang mendukung pelibatan Koopssusgab membantu Polri memberantas aksi terorisme. Namun, hal itu dengan syatat harus dalam koridor Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya Pasal 7. Regulasi tersebut mengatur operasi militer, selain perang dengan memperhatikan obyek vital, skala ancaman, dan waktu.

"Payung hukumnya UU TNI, Pasal 7 ayat 2 bisa operasi militer selain perang," ujarnya.

Koopssusgab merupakan gabungan pasukan khusus antiteror dari tiga matra TNI, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Gabungan pasukan elite ini dibentuk pada 9 Juni 2015 oleh Moeldoko yang saat itu menjabat Panglima TNI untuk mengatasi terorisme. (A-2)

BERITA TERKAIT