Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Berbenah Hadapi Mudik Lebaran


Penulis: Rendy Ferdiansyah - 18 May 2018, 19:40 WIB
Dephub.go.id
Dephub.go.id

ANTISIPASI lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat (Babar) saat mudik Lebaran Idul Fitri 2018  mendatang, sejumlah pembanguan infrastruktur pelabuhan di tingkatkan  termasuk penambahan kapal roro.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bangka Belitung (Babel). KA Tajuddin, Jumat (18/5), mengatakan pihak sudah melakukan berbagai persiapan  menyambut arus mudik lebaran tahun ini. 

Seperti, lanjutnya peningkatan area parkir untuk 100 unit kendaraan roda  empat, selain itu juga peningkatan terminal penumpang di perluas agar  bisa menampung 500 penumpang.

"Dari tahun ke tahun paling ramai kalau mudik lebaran ya pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, pelabuhan ini merupakan pelabuhan masuknya arus  mudik dari Sumatra," kata Tajuddin.

"Area parkirnya kita perluas untuk 100 kendaraan, sedangkan untuk  terminal penumpang di tingkatkan agar dapat menampung 500  penumpang," ujarnya.

Namun yang tidak kalah pentingnya menurut Tajuddin. Pihaknya sudah  berkoordinasi untuk arus mudik tahun ini ada penambahan kapal roro. "Untuk armada khususnya kapal roro ada penambahan dari 6 kapal menjadi 9  kapal,"ungkap dia.

Dirinya yakin jika arus mudik lebaran tahun ini, akan lebih baik  ketimbang tahun-tahun sebelumnya, sebab semua persiapan sudah di lakukan jauh-jauh hari termaksut peningkatan sejumlah fasilitas di pelabuhan. "Insyallah arus mudik tahun ini akan lebih baik,"terangnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Babel. Erzaldi Rosman Djohan optimistis  persiapan untuk arus mudik sudah di laksanakan, terutama untuk bandara  dan pelabuhan. "Semua siap, apakah itu pelabuhan maupun bandara. Kita harap arus mudik tahun ini lebih lancar," harapnya.(A-5)

BERITA TERKAIT