Wakil Presiden Jusuf Kalla Hadiri KTT Luar Biasa OKI


Penulis: Dero Iqbal Mahendra - 18 May 2018, 19:10 WIB
MI/RAMDANI
MI/RAMDANI

PASCAPEMINDAHAN kedutaan besar (Kedubes) Amerika Serikat untuk Israel ke Jerusalem, Organisasi Kerja sama Islam (OKI) menjadwalkan Konferensi Tingkat Tinggi di Turki. Untuk itu Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Turki, Kamis (17/5) malam.

Dalam perjalanan ke Turki, Wapres dan rombongan terlebih dahulu transit di Bandara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirate Arab (UEA), untuk keperluan pengisian bahan bakar pesawat khusus kepresidenan BBJ-2.

Rombongan Wapres pagi sekitar pukul 8 waktu setempat dijadwalkan tiba di Turki. Mereka akan disambut Dirjen Protokol Kemenlu Turki, Wakil Gubernur Istanbul dan atase pertahanan RI di Ankara.

Wapres akan mengikuti serangkaian kegiatan KTT Luar Biasa OKI di Istanbul pada Jum’at (18/5) yang dimulai dari pukul 18.30 hingga 24.00 waktu setempat.

Sebelum KTT OKI digelar telah dilakukan serangkaian pertemuan pada tingkat Senior Officials Meeting (SOM) dan tingkat Menteri Luar Negeri.
Wapres diperkirakan akan kembali ke Tanah Air pada Minggu pagi (20/5).

KTT Luar biasa OKI digelar untuk menyikapi perkembangan terakhir di Palestina menyusul pemindahan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Jerusalem pada 14 Mei 2018. Pemindahan itu diwarnai bentrok yang terjadi di perbatasan Gaza dan Israel yang menyebabkan tewasnya puluhan rakyat sipil. (A-2)

BERITA TERKAIT