Perusahaan Milik Bupati Kebumen Diduga Kantongi Rp3 Miliar dari Fee Proyek


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 18 May 2018, 19:05 WIB
img

PERUSAHAAN yang dikendalikan Bupati Kebumen nonaktif Muhammad Yahya Fuad, PT Tradha, diduga mengantongi Rp3 miliar sebagai duit fee proyek dari beberapa kontraktor yang mengerjakan proyek di wilayah tersebut.

Uang tersebut didapat dari hasil PT Tradha selama meminjam bendera lima perusahaan lain untuk memenangi tender proyek di Kebumen dalam kurun waktu 2016-2017. Nilai total proyek-proyek tersebut mencapai Rp51 miliar.

"Diduga PT Tradha menerima uang sebagi fee proyek dari kontraktor yang memenangkan tender proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang sebanyak Rp3 miliar," kata Wakil Ketua KPK, La Ode M Syarif di Gedung KPK, Jumat (18/5).

Uang fee tersebut disembunyikan dalam pembukuan perusahaan sebagai piutang. Uang itu pun telah dimanfaatkan oleh Fuad untuk kepentingan pribadinya seperti memberi gaji pegawai dan membayar cicilan mobil.

Sementara itu, selama penyelidikan sejak April 2018 hingga saat ini PT Tradha sudah mengembalikan uang yang diduga hasil pencucian uang sebanyak Rp6,7 miliar. (A-2)

BERITA TERKAIT