Berharap Koalisi Jokowi Pecah, PDIP: Prabowo Punya Strategi Semu


Penulis: Astri Novaria - 18 May 2018, 17:30 WIB
MI/RAMDANI
MI/RAMDANI

KETUA DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno mempersilakan Partai Gerindra terlebih dahulu mendeklarasikan cawapres untuk Prabowo Subianto. Menurutnya aneh bila Gerindra justru menunggu Joko Widodo mendeklarasikan terlebih dahulu cawapresnya.

"Apa tidak kebalik? Kalau dalam permainan catur, juara bertahan bisa memilih bidak putih atau bidak hitamnya. Kalau dalam pertandingan tenis internasional atau sepakbola, juara bertahan mendapat tempat kehormatan, tidak bertanding dalam kualifikasi. Jadi artinya, mestinya challanger ini yang menentukan pasangan calonnya lebih dulu," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (18/5).

Menurutnya, hanyalah strategi semu jika ada yang menganggap parpol koalisi pendukung Jokowi bakal mundur apabila salah menentukan cawapres.

"Itu harapan yang semu. Karena sekarang penting bagi siapapun yang ingin maju sebagai capres, membangun koalisi 20 persen, persyaratan. Itu dulu silakan. Itu sebabnya pidato Ketum Megawati di apel siaga Solo jelas sekali. Silakan kalau ada yang deklarasikan," tegasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT