Jembatan Ambruk Akses Lumpuh Total


Penulis: John Lewar - 18 May 2018, 17:45 WIB
ist
ist

AKSES jalur Jembatan ruas jalan penghubungkan satu satunya akses ekonomi warga Flores dari arah Reo-Pota pun sebaliknya, tepatnya di Kampung Baras, Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT runtuh sejak Kamis (17/5/2018) pukul 10.20 Wita.

Jalur jalan ini merupakan penghubung satu satunya lintas Utara pulau flores baik dari arah barat Labuanbajo menuju Reo Ruteng Pota dan kesejumlah kabupaten lainnya di pulau flores.Fondasi penahan Jembatan tersebut Ambruk pada sayap bagian kiri.Separuh badan jalan memiliki lobang terperangap sedalam 12 meter. Dengan besar lingkaran mencapai 3 meter.

Runtuhnya lobang sambungan jembatan itu, membuat satu mobil jenis truk dengan Nomor Polisi A 9225 ZA, milik Baba Kong,  terperosok.

Arus Lalu Lintas dari Reo menuju Pota dan dari Pota menuju Reo pun akhirnya ikut terhambat dan macet hingga waktu yang cukup lama.Untuk memperlancar arus transportasi ke wilayah itu warga memasang balok penutup lobang. Namun sayangnya lubang jalan semakin sulit di lalui akibat pinggiran jalan terus roboh kerena beban kendraan.

Hal itu di ungkapkan tokoh masyarakat Desa Nanga Mbaling, Sarifudin Umar, 56, melalui sambungan seluler Jumat (18/5). "Itu jembatan separuhnya sudah roboh ke tanah.Bagian kiri jalan berlubang mencapai 3 meter. Menyulitkan kendaraan melintas.Kami desak pihak pemerintah segerah perbaiki jembatan ini," desak Sarifudin.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur belum berhasil di hubungi Media Indonesia. Menurut warga setempat telah berkali kali laporan ke pemda setempat namun belum juga merespon kerusakan Jembatan itu. (A-5)
 

BERITA TERKAIT