Jaga Harga Sembako, Pemprov Jangan Sampai Kecolongan


Penulis: Selamat Saragih - 18 May 2018, 17:15 WIB
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengingatkan Pemprov DKI tetap waspada dalam menjaga stabilitas harga sembako selama Ramadan. Pasalnya, ia melihat masih ada potensi yang bisa dimanfaatkan spekulan untuk menaikkan harga sejumlah komoditas saat Ramadan.

"Saya hanya mengingatkan agar pemprov tidak lengah dengan ketersediaan stok pangan yang sudah dinyatakan aman. Eksekutif harus tetap menjaga stabilitas harga pangan selama Ramadan ini," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (18/5).

Pemprov lengah sedikit saja, sambung dia, akan langsung dimanfaatkan oleh spekulan yang kini tengah mengincar celah di tengah tingginya konsumsi masyarakat. Misalnya saja bawang putih yang belum lama ini melambung harganya. Lalu telur yang harganya sempat mencapai Rp30.000 per kilogram.

"Kenaikan harga ini karena suplai bawang di pasaran tidak pasti. Nah, di sini celah untuk spekulan bermain," lanjutnya.

Untuk menjaga stabilitas harga pangan, politisi PDIP itu mengharapkan terjadinya koordinasi antara Pemprov DKI dan komisi terkait di DPRD DKI. Seperti yang dilakukan pada 2017, eksekutif dan legislatif bahu membahu menjadi stabilitas harga.

Kerja sama itu, sambungnya, berhasil meredam gejolak harga selama Ramadan dan Idul Fitri.

Karena itu, Prasetio juga meminta agar jajaran Dinas dan BUMD bidang pangan rutin melaksanakan monitoring secara langsung ke lapangan guna mempersempit celah spekulan.

"Kalau bisa libatkan kepolisian agar ada jaminan stabilitas harga untuk warga," ujarnya. (A-3)

BERITA TERKAIT