Ada Paparan Gas Khlorin, Izin PT Pindo Deli Pulp Dicabut


Penulis: Cikwan Suwandi - 18 May 2018, 17:10 WIB
img
Ist

DINAS Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK)  Kabupaten Karawang,  Jawa Barat resmi mencabut izin PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II  coustic soda plant. 

Kepala DLHK Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, Jumat (18/5),  mengatakan berdasarkan hasil rapat pembahasan penanganan paparan gas khlorin disebutkan sejumlah instalasi PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II coustic soda plant tidak lagi layak dan harus diganti. 

Disebutkan,  PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II coustic soda plant, dianggap telah melanggar Permen LH Nomor 2 Tahun 2013 yang menyebutkan telah melakukan pencemaran, pengrusakan lingkungan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan manusia. 

"Ini berdasarkan kejadian keracunan warga akibat gas khlorin yang sudah terjadi berkali-berkali dan yang terakhir menyebabkan 43 warga keracunan, " kata Wawan dalam rapat di Aula DLHK, Jumat (18/5).

Pihak DLHK secara tegas mengeluarkan surat keputusan pencabutan izin PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II coustic soda plant. 

"Mereka harus melakukan kewajiban menghentikan seluruh kegiatan coustic soda,  melakukan pemulihan fungsi lingkungan hidup yang disebabkan oleh pihak perusahaan dalam satu minggu, " katanya. 

Sementara itu Bidang Produksi PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II coustic soda plant, Eko Singgih mengatakan terdapat 10-20 ribu ton gas khlorin. Sehingga pihaknya meminta waktu selama satu minggu untuk memindahkan gas khlorin dikhawatirkan kejadian berbahaya. 

"Karena ini tekanan, takut meledak,  jadi kami minta waktu  satu minggu.  Saya rasa cukup, " kata Eko. 

Sementara itu perwakilan perusahaan PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills II coustic soda plant, Syamsu Sobar menjelaskan jika pihak perusahaan akan mentaati peraturan yang telah diputuskan oleh pemerintah. 

"Ini sudah keputusan dalam forum,  dan prinsipnya perusahaan akan mentaati aturan dari pemerintah, " pungkasnya.  (A-5) 

BERITA TERKAIT