Prabowo Umumkan Cawapres Setelah Jokowi


Penulis: Astri Novaria - 18 May 2018, 16:40 WIB
ist
ist

KETUA DPP Partai Gerindra Desmond Junaidi Mahesa mengatakan partainya akan segera mendeklarasikan calon wakil presiden untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019 mendatang. Namun, deklarasi tersebut akan dilakukannya setelah diumumkannya calon wakil presiden untuk calon presiden petahana, Joko Widodo.

"Masa kita duluan mendeklarasikan, Pak Jokowi belum kan? Pak Prabowo akan mendeklarasikan setelah Pak Jokowi mendeklarasikan cawapresnya. Kalau saya sih acuannya kata Pak Prabowo," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (18/5).

Ia menilai, deklarasi cawapres pendamping Prabowo semestinya tidak perlu dipermasalahkan. Sebab menurutnya yang terpenting saat ini, Gerindra dan PKS sudah sepakat untuk berkoalisi bersama dalam Pilpres 2019. Jumlah kursi dua parpol itu di DPR cukup mengusung pasangan capres-cawapres 2019.

Dia menambahkan kepastian dan pengumuman resmi akan disampaikan tiga petinggi partai, yakni Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Sohibul Iman.

"Yang penting kalian harus lihat bahwa dua partai ini sudah satu pemikiran yang sama. Tinggal kapan disepakati oleh pimpinan partai untuk mendeklarasikan. Kalau mau kita jujur melihat ini siapa yang didorong tentunya ada kesepakatan tiga orang. Ustaz Salim, Sohibul Iman dan Pak Prabowo. Kapan deklarasinya, kita serahkan ke tiga orang itu," tandasnya.

Desmond mengakui, hingga saat ini dari kalangan internal Gerindra banyak beredar opini mengenai siapa yang pantas menjadi cawapres Prabowo. Termasuk beberapa nama yang disebut-sebut sudah dikerucutkan. Adapun sebelumnya, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut cawapres Prabowo sudah mengerucut ke lima nama. Namun hingga kini Prabowo masih enggan berkomentar kepastian nama yang akan mendampinginya.

"Ini keinginan anggota individual untuk mempercepat semua proses. Saya acuannya ke Pak Prabowo," pungkasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT