Gavrilova Usir Muguruza dari Italia


Penulis: Budi Ernanto - 17 May 2018, 20:14 WIB
img
AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE

SEJUMLAH petenis unggulan di Italia Terbuka mulai berguguran ketika memperebutkan tiket menuju babak perempat final. Salah satunya, adalah Garbiñe Muguruza, mantan petenis putri nomor satu dunia yang tumbang di tangan petenis nonunggulan, Daria Gavrilova, pada Kamis (17/5).

Di akhir laga, Muguruza kalah 5-7, 6-2, dan 7-6(6) dari lawannya yang berasal dari Australia itu. Hasil pertandingan itu tentu tidak diduga oleh petenis asal Spanyol itu karena dirinya menjadikan Italia Terbuka sebagai persiapan menuju Prancis Terbuka 2018 akhir Mei besok.

Tahun ini, Muguruza memang belum tampil impresif. Dari 11 turnamen yang sudah dijalaninya, baru ada satu gelar juara yang didapat. Bahkan, torehannya itu diraih di ajang yang tidak terlalu besar, yakni Monterrey Terbuka 2018 pada April lalu. Namun, dia tetap yakin bisa lebih baik saat tampil di Paris.

“Saya akan mencoba jadi lebih baik. Tetapi, saya tidak tahu sejauh mana saya akan bertahan di Prancis,” kata Muguruza. “Saya merasa ada perbedaan yang besar dengan permainan saya di lapangan tanah liat. Saya kurang mampu mengeluarkan kemampuan terbaik saya. Dan saya kecewa harus tersingkir di awal,” sambungnya.

Kekalahan itu juga jadi catatan buruk Muguruza di Italia. Selama dua tahun terakhir, dia hanya mampu menembus semifinal. Namun, dia merasa kenangan terbaiknya terjadi pada 2016. Meski saat itu dia dikalahkan Madison Keys, petenis Amerika Serikat, Muguruza berhasil bangkit dan menjuarai Prancis Terbuka di tahun tersebut.

Untuk tahun ini, Muguruza tidak bisa mengandalkan pengalamannya pada dua tahun lalu. Terlebih dia pernah cedera dan yang terbaru adalah di Stuttgart Terbuka pada akhir bulan lalu. Muguzura memutuskan mundur karena mengalami sakit di punggungnya.

"Saya sudah beberapa kali cedera dan ada beberapa di antaranya yang cukup parah. Namun, saya bangga dengan tim yang saya miliki sekarang karena mereka cepat mengambil tindakan dan itu membuat saya nyaman tanpa rasa khawatir. Jadi, saya tidak akan merasa khawatir di Prancis,” pungkas dia. (Metro/OL-5)

BERITA TERKAIT