Persembahan Terakhir Atletico untuk El Nino


Penulis: Satria Sakti Utama - 17 May 2018, 06:41 WIB
img
AFP/JEFF PACHOUD

FERNANDO Torres menutup kariernya di Atletico Madrid dengan catatan manis. Eks penyerang Liverpool ini akhirnya mempersembahkan trofi bagi Los Colchoneros--julukan Atletico-- setelah memperkuat klub La Liga itu selama 11 tahun dalam dua episode masa bakti yang berbeda. Trofi tersebut ialah gelar Liga Europa yang diraih setelah membukukan kemenangan 3-0 atas Marseille di partai puncak, Kamis (17/5) dini hari WIB.

Torres muda meniti karier profesionalnya di Atletico Madrid sejak 2000. Ia membela rival sekota Real Madrid itu selama tujuh tahun, tapi tidak ada satu pun gelar yang diraih.

Ia lantas hijrah dan menghabiskan banyak waktunya di Inggris. Akan tetapi, perjalanan kariernya mulai seret ketika menapaki jalan bersama Chelsea. Pemain yang dijuluki El Nino itu sempat dipinjamkan ke AC Milan pada musim 2014/2015 sebelum dipinang kembali oleh klub masa kecilnya, Atletico Madrid.

Musim ini merupakan tahun keempat Torres pulang ke kampung halamannya, tapi ia kembali memutuskan pergi. Pemain 34 tahun ini merasa waktunya di Atletico Madrid telah habis.

Di partai final Liga Europa, Torres diberikan kesempatan bermain yang minim. Ia baru masuk pada menit ke-89 menggantikan Antoine Griezmann.

Pelatih Atletico Diego Simeone menyebut titel ini merupakan impian Torres. Arsitek asal Argentina pun berharap pendukung Atletico Madrid akan menyemut di Wanda Metropolitano pada laga terakhir La Liga Spanyol kontra Eibar. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi laga perpisahan Torres.

"Untuk Fernando, ini mimpi yang menjadi kenyataan. Saya berharap kerumunan membanjiri stadion pada pertandingan selanjutnya. Dia merupakan anak yang fantastis. Apapun penghargaan yang diraih pantas didapatkannya," kata Simeone.

Hal serupa disampaikan kapten Atletico Madrid, Gabi. Ia memberikan kesempatan Torres untuk menjadi pemain pertama yang mengangkat trofi Liga Europa. Suatu penghargaan atas hasil jerih payahnya selama ini.

"Kejuaraan ini memberikan banyak hal. Tapi Torres lebih pantas merasakan lebih jika dibandingkan dengan yang lainnya. Tidak ada jalan yang lebih baik ketimbang hal ini untuk mengucapkan selamat tinggal," sebut Gabi.

Belum ada kejelasan pelabuhan selanjutnya bagi Torres musim depan. Tapi sejumlah kabar menyebut beberapa klub Amerika Serikat atau Tiongkok mulai mendekatinya. (/marca/skysports/OL-2)

BERITA TERKAIT