Indonesia dalam Bidikan Pewarta Foto


Penulis: SUMARYANTO BRONTO - 29 April 2018, 00:20 WIB
img
APFI/MEDIA INDONESIA/RAMDANI

Mata manusia melihat, jari bergerak, dan kelopak tirai berkedip di belakang lensa yang dingin. Cahaya pun meledak di permukaan film.

Momen yang segera berlalu itu pun terkunci dalam ingatan kimiawi. Potret membangkitkan kenangan tentang waktu yang siap dirayu lagi. Foto berkisah tentang terjadinya sesuatu, pun adanya seseorang.

Gambaran 'puitis' tentang kegiatan fisik pemotretan oleh mendiang Ed Zoelverdi, kampiun wartawan foto jurnalistik yang akrab disapa "Mat Kodak" itu menunjukkan hakikat fotografi sebagai pertemuan antara alam pikiran dan kenyataan. Dalam era digital kini, prinsipnya sama saja, istilah 'ingatan kimiawi' boleh saja dilengkapi dengan 'ingatan magnetik'.

Paparan Mat Kodak itu pula yang menjadi nyawa pada foto-foto peraih penghargaan anugerah pewarta foto Indonesia (APFI) yang digagas organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI). Anugerah itu menjadi parameter profesi insan pers visual sekaligus tonggak peringatan bagi peradaban jurnalistik visual Indonesia.

Tahun ini, sebanyak 406 peserta mengirim 2.448 karya foto jurnalistik, 15 karya multimedia dan 190 foto jurnalisme warga. Juaranya, foto seekor bekantan bersandar di batang pohon kering di Kawasan Ekowisata Bekantan di Desa Lok Buntar, Kecamatan Tapin Selatan, Kalimantan Selatan.

Foto sederhana dengan visual kuat dan berkesan tersebut menjadi foto terbaik sepanjang 2018 dan pemenang kategori Environtment/Nature. Potret berjudul Bekantan Kalimantan itu dibidik Dhemas Revyanto Atmojo, pewarta Tempo pada Januari 2017. Kisah dibaliknya, maraknya alih fungsi kawasan hutan untuk kegiatan perkebunan, pertambangan, dan pertanian membuat habitat Bekantan, satwa endemis Kalimantan, semakin terdesak.

Media Indonesia sendiri berbangga dengan gelar di tiga foto dan 1 multimedia. Ramdani menjuarai kategori Foto Story General News dengan rangkaian apik berjudul Mantan Terindah, merekam seorang perempuan berbaju hijau memeluk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Pelukannya sangat berat dilepaskan, meski petugas protokoler berupaya menarik dan sang Gubernur sudah ingin beranjak.

Pada kategori Foto Story People in The News, kembali pewarta foto Media Indonesia Ramdani mendapat juara tiga untuk rangkaian fotonya tentang para tenaga kerja Indonesia yang merawat manula di Taiwan. Tidak hanya itu, ia pun menjuarai kategori multimedia dengan judul Selama Rusun ini Berdiri.

Pewarta foto koran lainnya, Susanto, meraih juara ke-3 kategori single people in the news. Ia mengabadikan momen Presiden RI ke-3 BJ Habibie bergurau dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri ketika bertemu dalam sebuah acara, judulnya Canda Dua Tokoh Bangsa. Jayalah pewarta foto Indonesia!

BERITA TERKAIT