Persembahan Kedua dari Guardiola


Penulis: Nurul Fadillah - 17 April 2018, 04:00 WIB
AFP PHOTO / PAUL ELLIS
AFP PHOTO / PAUL ELLIS

KABAR gembira bagi fan Manchester City datang dari Old Trafford, kandang Manchester United, dini hari WIB kemarin. Kala menghadapi tim juru kunci, West Bromwich Albion di pekan ke-33, 'Setan Merah' di luar dugaan menyerah 0-1.

Gol tunggal West Bromwich yang dicetak Jay Rodriguez menit ke-73 memastikan City meraih gelar Liga Primer musim ini. Perolehan 87 poin City tidak akan mampu dikejar United yang terpaut 17 poin dengan lima laga sisa musim ini.

Itu menjadi gelar kelima City di Liga Primer. Sebelumnya, 'Manchester Biru' menjadi yang terbaik di musim kompetisi 1936-1937, 1967-1968, 2011-2012, dan 2013-2014.

Gelar tahun ini menjadi ganjaran setimpal untuk ratusan juta dolar yang telah dikeluarkan pengusaha yang juga anggota Kerajaan Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, sejak membeli City dari mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, pada 2008. Sejak dimiliki Al Nahyan, selain tiga gelar Liga Primer, City meraih trofi di Piala FA (2011) dan Piala Liga (2014, 2016, dan 2018).

Namun, gelar bergengsi di Liga Champions masih belum mampu didapat City. Musim ini perjalanan City di Liga Champions hanya sampai di perempat final setelah disingkirkan Liverpool. "Cepat atau lambat hal itu akan terjadi (meraih gelar Liga Champions)," ungkap pelatih City, Pep Guardiola.

Walau belum membawa City menjadi yang terbaik di Eropa, Guardiola kini menjadi salah satu pelatih terbaik di Liga Inggris. Guardiola yang sebelumnya mempersembahkan gelar di Piala Liga 2018 kini menyamai pencapaian manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang mampu membawa tim asuhannya menjadi juara saat kompetisi masih menyisakan lima pekan pada musim 2000-2001.

Gelar di Liga Primer merupakan gelar ketujuh Guardiola di 'Benua Biru'. Bersama dengan Barcelona, Guardiola merebut tiga gelar di La Liga dan tiga gelar Bundesliga bersama dengan Bayern Muenchen.

Walau gelar juara telah dalam genggaman, City tetap akan fokus meraih kemenangan di lima laga tersisa. Dengan 28 kemenangan yang sudah diraih, City kini membidik rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim yang dipegang Chelsea dengan torehan 30 kemenangan.

City juga berpeluang melampaui rekor selisih poin terbesar tim juara dengan peringkat kedua yang dipegang Manchester United dengan margin 18 poin. City juga butuh dua kemenangan tandang tambahan untuk melampaui kemenangan tandang terbanyak dalam satu musim yang dipegang Chelsea dengan 15 kemenangan.

"Kesuksesan ini menunjukkan bagaimana sepak bola di Kota Manchester saat ini. Memang United lebih banyak meraih gelar, tapi saat ini kesuksesan itu untuk kami," jelas kapten City, Vincent Kompany.

Ucapkan Selamat
Seusai kekalahan mengejutkan dari West Bromwich, pelatih Manchester United Jose Mourinho langsung memberikan ucapan selamat kepada City. Pelatih asal Portugal tersebut menyatakan City memang pantas merebut gelar juara musim ini.

"Saya tidak tahu bila saya menjadi yang pertama, kedua, atau ketiga, tetapi saya tetap mengucapkan selamat kepada mereka (City) ketika saya memiliki kesempatan untuk melakukannya. Saya tahu cepat atau lambat saya akan mengucapkannya," jelas Mourinho.

Mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid tersebut menambahkan, City sukses meraih gelar musim ini bukan karena kekalahan Manchester United dari West Bromwich. "Mereka memenangi gelar juara karena mereka tim terbaik," tandasnya. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT