PGN Hitung Aset Pertagas


Penulis: Erandhi Hutomo Saputra - 16 April 2018, 18:30 WIB
img
ANTARA

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah menghitung aset PT Pertagas sebelum melakukan integrasi holding migas. Jika sudah dihitung maka Pertagas akan berada di bawah PGN.

"Kalau valuasi harusnya (nilai Pertagas) di bawah PGN," ujar Direktur Komersial PGN Danny Praditya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (16/4).

Selain melakukan penghitungan nilai aset Pertagas, PGN juga mengkaji proses akuisisi terhadap Pertagas. Akuisisi itu bisa dilakukan dengan berbagai skema, baik melalui penerbitan saham baru atau rights issue, pinjaman perbankan, maupun asset swap.

"Semua sedang dikaji sama tim transaksi, menentukan nilainya berapa, kemudian metodenya mau akuisisi, rights issue, mau swap, baru ditentukan kemudian," ucap Danny.

Jika metode asset swap (penukaran aset) dilakukan, yang terjadi adalah anak usaha PGN yakni PT Saka Energi Indonesia menjadi milik Pertamina dan ditukar dengan Pertagas yang akan menjadi milik PGN.

Selain itu dalam proses menuju holding, PGN memastikan akan merombak jajaran pengurus perseroan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 26 April mendatang.

“Tidak tahu direksi atau komisaris, tapi ada agenda pergantian pengurus,” pungkas Danny. (A-2)

BERITA TERKAIT