Mendagri Minta Warga Pro Aktif Ikuti Perekaman KTP-e


Penulis: M. Taufan SP Bustan - 16 April 2018, 17:40 WIB
img
ANTARA FOTO/Zabur Karuru

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepada seluruh masyarakat yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) untuk lebih pro aktif mendatangi pusat-pusat perekaman yang ada di daerah masing-masing.

Menurutnya, pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hingga ke tingkat kecamatan telah memadai sehingga dapat dengan cepat menyelesaikan perekaman KTP-e.

"Selain meminta warga pro aktif kami juga jemput bola. Namun memang harus ada kesadaran dari warga juga sehingga mempermudah petugas untuk mendata dan melakukan perekaman," terang Tjahjo usai melakukan sidak perekaman KTP-e di kantor bupati Merauke, Senin (16/4).

Dia menyebutkan, atas perintah Presiden Joko Widodo pelayanan perekaman KTP-e harus dipermudah dan dipercepat, bahkan diharapkan bisa selesai 1 jam.

"Sesuai intruksi Pak Presiden kami sudah lakukan namun memang di lapangan masih ada kendala-kendala teknis. Ya, seperti jaringan bermasalah dan lainnya. Namun sejauh ini sudah bisa langsung jadi KTP-e di hari itu juga tanpa harus menunggu lama," tandas Tjahjo.

Diketahui secara nasional jumlah masyarakat yang telah melakukan perekaman KTP-e di Tanah Air telah mencapai 97,4 persen dari total 184 juta warga yang harus memiliki KTP-e. (OL-5)

BERITA TERKAIT