Sandiaga Targetkan LRT Rawamangun-Kelapa Gading Beroperasi Juli 2018


Penulis: Nicky Aulia Widadio - 16 April 2018, 14:29 WIB
ANTARA/Sigid Kurniawan
ANTARA/Sigid Kurniawan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno optimistis operasional light rail transit (LRT) rute Velodrome Rawamangun-Kelapa Gading bisa dimulai pada Juli 2018. Hingga kini progres pembangunan konstruksi LRT fase 1 itu telah mencapai 70%.

"Kami memberikan target bahwa ini harus beroperasi sebelum Asian Games dan sebelum Asian Games ini kira-kira Juli kita akan operasionalkan," tutur Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Senin (16/4).

Menurut Sandi, PT Jakarta Propertindo yang bertanggung jawab atas proyek LRT tengah bekerja keras mengejar tenggat waktu. Namun, meski dikejar waktu, Sandiaga mengingatkan agar proses pembangunannya harus mengutamakan keselamatan kerja. Dia tidak ingin kecelakaan kerja di proyek LRT terulang.

"Safety first, itu selalu menjadi pedoman mereka. Jangan mereka terburu-buru dan akhirnya terjadi keteledoran, terjadi SOP yang tidak dipatuhi," tegas Sandiaga.

Progres konstruksi pembangunan LRT fase 1 Velodrome Ramawangun-Kelapa Gading ini pun baru mencapai 70%. Rel telah dipasang, begitu pula dengan daya untuk operasional. Saat ini tengah dilakukan pemasangan sistem dan finishing stasiun. PT Jakpro juga akan segera memulai memasang sistem persinyalan.

Rencananya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan mengoperasikan dua hingga tiga rangkaian kereta light rail transit (LRT) rute Velodrome Rawamangun-Kelapa Gading pada perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Dua rangkaian kereta yang baru tiba di Jakarta, kini telah terpasang di rel lintasan (main line) Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kedua gerbong kereta ini akan segera diuji coba sebelum dioperasikan untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018. (OL-3)

BERITA TERKAIT