Tiga Infrastruktur Dibangun, Bekasi Menuju Kota Metropolis


Penulis: Gana Buana - 16 April 2018, 12:13 WIB
img
ANTARA/DHEMAS REVIYANTO

PEMBANGUNAN infrastruktur transportasi menuju Bekasi membuat kota yang terletak di timur Jakarta itu bertransformasi menjadi Kota Metropolitan. Tiga proyek infrastruktur yang tengah dibangun tersebut diprediksi akan menjadi solusi jangka panjang persoalan kemacetan yang sebelumnya menjadi momok masyarakat Bekasi.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan pembangunan tiga infrastruktur sarana transportasi menuju Bekasi, yaitu pembangunan jalan tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), jalur LRT, serta Tol Elevated Jakarta-Cikampek. Hal itu diperkirakan akan memberikan stimulus ekonomi wilayah koridor timur Jakarta.

Kepala Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) Harun Al Rasyid menyampaikan perkembangaan Bekasi saat ini tidak lagi hanya berperan sebagai penopang Jakarta. Namun, sebagai wilayah mitra, Kota Bekasi pun sedang mengarah pada sebuah kota metropolis.

"Gencarnya pembangunan berbagai infrastruktur, terutama di bidang transportasi akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perkembangan dan akan mengubah wajah Kota Bekasi menjadi lebih baik di masa yang akan datang," jelas Harun, Senin (16/4).

Harun menjelaskan, pembangunan LRT, Tol Becakayu serta Elevated Tol Jakarta-Cikampek tentunya selain akan mengurangi tingkat kemacetan yang setiap hari terjadi di jalan-jalan menuju Jakarta, juga akan menimbulkan dampak terhadap perkembangan ekonomi daerah.

Sebab, sarana transportasi yang memadai dan nyaman, diperkirakan makin banyak masyarakat yang akan menjadi kaum sub-urban di Bekasi.

"Meningkatnya jumlah kaum suburban ini, akan memberikan stimulus bagi perekonomian Bekasi," jelas dia. (OL-3)

BERITA TERKAIT