Ujicoba Ganjil-Genap Tol Tangerang-Jakarta, TransJakarta Tambah Bus


Penulis: Yanurisa Ananta - 16 April 2018, 11:48 WIB
img
ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

UJICOBA kebijakan ganjil genap bagi kendaraan di ruas tol Tangerang-Jakarta dimulai hari ini, Senin (16/4). Guna mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi oleh masyarakat ke kendaraan umum, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah empat unit bus yang biasa beroperasi di rute Tangerang-Jakarta.

Head of Communication PT TransJakarta Wibowo menjelaskan, biasanya setiap hari di ruas tersebut TransJakarta beroperasi sebanyak 38 unit. Kini, jumlah bus menjadi 42 unit.

"Transjakarta ada penambahan bus untuk implementasi ganjil genap tol Tangerang. Biasanya rata-rata beroperasi 38 bus ditambah menjadi 42 unit," kata Wibowo kepada wartawan, Senin (16/4).

Adapun bus rute Tangerang itu terdiri dari tiga rute, yakni poris-Bundaran Senayan, Poris-Juanda, dan rute BSD-Grogol. Tarif yang dikenakan pun masih Rp3.500 lantaran jenis bus merupakan bus reguler, bukan bus RoyalTrans yang beroperasi di rute Bekasi.

"Tarifnya Rp3.500. Ini sudah dilayani sebelum penerapan ganjil genap di tol Tangerang," ujarnya.

Pelayanan bus TransJakarta di rute Tangerang ini bukan hal yang baru. Tidak ada rute khusus maupun bus khusus yang akan dikerahkan seperti di Bekasi.

"Jadi untuk penerapan ganjil genap di tol Tangerang tidak ada rute maupun bus khusus. Seperti yang di Bekasi." tandasnya.

Uji coba penerapan ganjil genap dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dari hari Senin sampai Jumat setiap pekannya. Pada jam yang sama, kendaraan besar dengan spesifikasi memiliki tiga sumbu ke atas dilarang beroperasi. (OL-5)

BERITA TERKAIT