Usai Bentuk UPT, Pemprov DKI akan Umumkan Waktu Pemesanan Rumah DP Rp0


Penulis: Nicky Aulia Widadio - 16 April 2018, 11:13 WIB
ANTARA/DHEMAS REVIYANTO
ANTARA/DHEMAS REVIYANTO

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menuturkan hari ini, Senin (16/4), Pemprov DKI akan membentuk unit pelaksana tugas (UPT) untuk program rumah DP Rp0. Setelah UPT terbentuk dan personelnya ditunjuk, Pemprov DKI akan segera mengumumkan waktu pemesanan rumah DP Rp0.

“Hari ini dibentuk dulu UPT-nya. Jadi nanti ditunjuk personelnya. Setelah itu akan diumumkan kapan proses pendaftaran untuk rumah DP nol rupiah. Pergub-nya, hari ini, akan saya cek, tapi rencananya hari ini,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Senin (16/4).

Setelah meneken Pergub tentang pembentukan UPT, sambung Sandiaga, tahap selanjutnya ialah membuat Pergub mengenai skema pembiayaan rumah DP Rp0.

Draft dari Pergub tentang skema pembiayaan ini pun telah dibuat Dinas Perumahan DKI.

Dia memperkirakan masyarakat mulai bisa memesan unit rumah DP Rp0 dalam satu hingga dua pekan usai pembentukan UPT.

“Saya antisipasi begitu personalia ditunjuk UPT ini satu sampai dua minggu mungkin sudah bisa (pemesanan). Ya akhir bulan targetnya. Kita lihat jadwal Pak Gubernur, saya ingin secepatnya,” tutur Sandiaga.

UPT nantinya akan bertugas mengelola unit-unit rumah DP Rp0 dan memastikan penyalurannya tepat sasaran. Masyarakat yang memiliki unit rumah DP Rp0 dilarang menjualnya kembali ke pihak lain, melainkan harus melalui UPT.

“Ini masyarakat dan Pemprov harus saling mengawasi. Tidak ada lagi toleransi kalau misalnya unit ini yang sudah dipesan diperdagangkan kita akan langsung membatalkan dan memasukkan kembali unit itu ke dalam inventory kita. Tidak boleh diperjualbelikan,” tegas Sandiaga. (OL-3)

BERITA TERKAIT