Kalahkan Sampdoria, Juventus Kokohkan Posisi


Penulis: Nurul Fadillah - 16 April 2018, 08:33 WIB
img
AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO

JUVENTUS tampaknya sudah bangkit dari kekecewaan setelah tersingkir dari perempat final Liga Champions akibat dikalahkan Real Madrid 3-4 pada pekan lalu. Pada giornata ke-32, Minggu (15/4) malam, Juve berhasil menunjukkan kedigdayaannya di Serie A dengan mengalahkan Sampdoria 3-0.

Keberhasilan Juve tidak terlepas dari peranan Douglas Costa. Meski tidak menyumbangkan gol, gelandang cerdik asal Brasil itulah yang menyuplai bola melalui tiga asisst yang ia ciptakan.

Mario Mandzukic mencetak gol pertama bagi Juve pada menit 45. Pemain asal Kroasia tersebut meneruskan umpan lambung silang di depan gawang yang dikirimkan oleh Douglas Costa.

Gol kedua bagi Si Nyonya tua dilesakkan Benedikt Howedes yang baru melakoni pertandingan keduanya musim ini. Berawal dari serangan Juve, bola berhasil dikirim ke sisi kiri kotak penalti dimana Costa kembali menyumbangkan assistnya kepada Howedes yang langsung menanduk bola ke sudut gawang pada menit 60.

Juve semakin unggul pada menit 75. Lagi-lagi berkat assist dari Costa yang ia kirimkan langsung pada Sami Khedira. Tanpa membuang-buang waktu, Khedira lantas mengonversikannya menjadi gol ke pojok gawang.

Kemenangan itu semakin mengokohkan Juventus di posisi puncak klasemen sementara. Dengan koleksi 84 poin, Juve mempertajam jaraknya dengan rival terdekat Napoli di posisi kedua yang mengantungi 78 poin.

Arsitek Juventus Massimiliano Allegri menganggap kemenangan ini sangatlah penting karena mampu membangkitkan mental anak-anak asuhnya setelah kekalahan kontroversial dari Real Madrid.

"Apakah ini merupakan langkah yang menentukan menuju gelar? Tentu saja tidak. Tapi, kemenangan ini penting setelah melawan Real Madrid dan penampilan pemain sangat bagus karena tidak mudah tentunya bisa tampil setelah pertandingan yang melelahkan seperti itu," ujar Allegri.

Selain itu, Allegri pun mengaku diuntungkan dengan cedera yang dialami Miralem Pjanic yang mengharuskannya keluar pada menit 42 pertandingan. Posisi Pjanic pun digantikan oleh Douglas Costa yang akhirnya mampu membuat Juve tampil lebih baik dan mencetak tiga gol.

"Kami harus berterima kasih kepada Miralem Pjanic yang cedera karena jika tidak saya tidak akan mengubah banyak hal. Douglas dan Gonzalo Higuain adalah dua pemain yang ingin saya gunakan untuk mengubah pertandingan," ujar Allegri.

"Saya memang berencana untuk memainkan Douglas Costa, tetapi tidak secepat itu. Sampdoria bermain bertahan secara terpusat, jadi kami harus membuat mereka terpisah dengan melepaskan umpan silang dari kedua sayap," pungkasnya. (dailymail/OL-3)

BERITA TERKAIT